Home / Berita Terbaru / Masyarakat Agara Kembangkan Potensi Lauser

Masyarakat Agara Kembangkan Potensi Lauser

Humas Aceh | 26 Nov 2018

Kutacane – Wakil Ketua PKK Aceh, Dyah Erti Idawati mengajak TP-PKK Aceh Tenggara dan masyarakat yang berada di sekitar kawasan Gunung Lauser untuk mengembangkan berbagai potensi alam Gunung Lauser untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Dyah saat melakukan kunjungan ke Gampong Kute Ujung Barat, Kecamatan Babussalam dan Gampong Kute Ketambe, Kecamatan Ketambe dalam rangka Penilian dan Pembinaan Gampong oleh TP-PKK Provinsi, Minggu (25/11/2018).

“Kita harus bersama-sama memanfaatkan potensi di Aceh Tenggara dan di sekitar kawasan lauser, tapi tentu juga harus menjaga kelestarian kawasan lauser yang merupakan hutan lindung,” kata Dyah.

Lauser kata Dyah bukan hanya milik masyarakat Agara tapi juga milik dunia karena merupakan salah situs wasiran dan paru paru dunia. Karena itu masyarakat harus menjaga ekosistem dikawasan tersebut.

“Kita juga harus melihat apa kira-kira kompensasi yang dapat diberikan oleh dunia kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan lauser yang telah membantu menjaga kawsan tersebut,” ujar Dyah..

Bersama PKK kata Dyah, masyarakat dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada untuk menambah pendapatan keluarga dan masyarakat.”Mudah-mudahan dengan pembinaan dari PKK kabupaten dan Provinsi, gampong-gampong di Agara bisa terus berkembang dan maju seperti daerah lain,” ujar Dyah.

Di gampong Ujung Barat, Dyah bersama TP-PKK provinsi meninjau rumah warna – warni dan berbagai kerajinan masyarakat dan aneka tanaman kebutuhan rumah tangga.

Masyarakat di Gampong Ujung Barat juga mendapatkan bantuan dari Dana Desa barupa kambing yang dibagikan kepada setiap kelompok untuk dikembangkan dan menjadi pendapatan tambahan bagi masyarakat.

Di desa ketambe, Dyah Erti juga meninjau dan melihat berbagai produk olahan yang dihasilkan dari sekitar kawasan lauser seperti, kopi. teh, sayur, obat-obatan, dan berbagai produk olahan seperti sirup, selai, makanan serta kerajinan tangan.

Sementara itu, Sekda Aceh Tenggara, Muhammad Ridwan menyampaikan, TP-PKK Aceh Tenggara sudah melakukan pembinaan kepada ibu-ibu yang berada di kawasan lauser untuk memanfaatkan hutan dan menghasilkan berbagai olahan dan produk.

Ridwan berharap, kegiatan pembinaan baik dari Kabupaten maupun provinsi agar dapat dilakukan secara berkesinambungan dan bukan hanya pada saat kunjungan ataupun penilaian.”Dengan adanaya pembinaan, tentu PKK dan masyarakat akan lebih mengerti tentang berbagai program PKK dan menjadi lebih unggul dan bersaing dengan daerah lain di Aceh,” ujar Ridwan.

Check Also

Hari Ini Sebanyak 1.347 Orang Divaksin Covid-19, Total 48.150

Banda Aceh – Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan pada Senin …