Home / Berita Terbaru / Mendagri Minta Daerah Ikut Perkuat Perekonomian Nasional

Mendagri Minta Daerah Ikut Perkuat Perekonomian Nasional

Huamas Aceh | 25 Jan 2016

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan beberapa catatan mengenai prediksi perekonomian nasional dan strategi pemerintah daerah untuk menghadapinya. Beberapa catatan tersebut mencakup penguatan otonomi daerah dan sinergi antara kebijakan pusat dan daerah.

“Perencanaan ekonomi harus berorientasi pada jangka panjang. Menggunakan hal-hal praktis untuk menggerakkan semua sektor ekonomi, serta memberikan kemudahan bagi pelaku ekonomi,” ujar Tjahjo, seperti dikutip kompas.com, Senin (25/1).

Menurut Tjahjo, penguatan otonomi daerah harus dimulai dengan program yang jelas, bertujuan menguntungkan daerah dan pusat seperti tata kelola yang efektif dan efisien. Selain itu, pengelolaan dilakukan dengan ketaatan pada hukum dan politik pembangunan nasional.

Pemerintah daerah, kata dia, juga perlu melakukan percepatan reformasi birokrasi, dengan sistem yang dapat membangun rasa optimisme semua pihak termasuk para investor.

“Perlu memperkuat daya saing perdagangan, meningkatkan ekspor, efisiensi perdagangan, dan mempermudah perizinan dalam berinvestasi,” kata Tjahjo.

Sumber : www.kemendagri.go.id

Check Also

Raih WTP Lima Kali Beruntun, Pemerintah Aceh Terima Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Banda Aceh— Pemerintah Aceh mendapat penghargaan khusus dari Kementerian Keuangan RI atas capaian mempertahankan predikat …