Home / Berita Terbaru / MTQ Resmi ditutup, Aceh Utara Raih Juara Umum

MTQ Resmi ditutup, Aceh Utara Raih Juara Umum

Banda Aceh, 27-8-2015 | Humas Aceh

Sukamakmue – Perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-32 Aceh yang berlangsung di bumi Nagan Raya secara resmi ditutup,Rabu (26/8/) malam. Aceh Utara berhasil meraih juara umum, peringkat kedua diraih Kota Lhokseumawe, dan Aceh Besar berada di peringkat ketiga. Sementara, tuan rumah Nagan Raya berada diposisi keenam, setelah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Pidie.

Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah dalam amanatnya yang dibacakan Sekda Aceh, Drs Dermawan MM, mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan event MTQ ke 32 Aceh.

Musabaqah Tilawatil Qur’an, sebutnya, memiliki makna relijius yang amat penting bagi umat islam. Selain memperkokoh ukhuwwah, even dua tahunan ini juga menjadi motivasi dan spirit bagi generasi muda untuk meningkatkan seni baca Al-Quran, sekaligus memahami dan mengkaji isi kandungan kalam-kalam Ilahi.

Even MTQ juga diharapkan menjadi momentum dalam mewujudkan kesadaran spiritual kolektif dan melahirkan masyarakat ber-akhlakul karimah. “jadi, bukan sekedar meraih prestasi semata, juga bukan sebatas rutinitas saja,” jelasnya.

Dermawan menegaskan, kesuksesan gelaran MTQ merupakan modal untuk membangun Aceh yang lebih baik. Ia berharap, pelaksanaan MTQ di Bumi Nagan Raya dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan. “Harapan kita semua adalah memberikan bekas positif yang dapat dirasakan secara nyata dalam semua tatanan kehidupan untuk pembangunan Aceh kedepan,” terangnya.

Kepada para kafilah, Sekda turut mengucapkan selamat atas kesuksesan qari-qariah dalam meraih prestasi terbaiknya.”Teruslah belajar yang gigih, sebab kedepan kita akan mengikuti MTQ tingkat Nasional. Bagi peserta yang belum meraih juara jangan berkecil hati, teruskan berlatih jangan patah semangat karena kesempatan masih banyak,” imbuh mantan Pj Bupati Simeulu ini, sembari mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Nagan Raya yang telah memberikan pelayanan terbaik.

Upacara penutupan yang penuh khidmat itu dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Aceh, Para Bupati, Perwakilan DPR Aceh, jajaran unsur Forkopimda Nagan Raya, tokoh masyarakat, para kafilah dan para finalis MTQ.

Rangkaian penutupan diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh qari Aceh peraih juara Turkey International Holy Quran Memorization and Recitation Competition, Takdir Feriza Hasan dan sari tilawah oleh Zainon Hamidah. Kemudian dilanjutkan dengan penurunan bendera LPTQ Aceh dan pembacaan hasil keputusan dewan juri untuk semua cabang perlombaan. Puncak upacara penutupan ditandai dengan penekanan tombol sirene, beriiringan dengan tertutupnya Al-Qur’an hidrolik.

Bupati Nagan Raya, HT Zulkarnaini menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan pelaksanaan MTQ kali ini. Sebagai tuan rumah pihaknya menyatakan telah bekerja keras untuk memprioritaskan pelayanan dan kenyamanan kepada seluruh kafilah MTQ. “Tentunya pasti ada kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan, maka saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Nagan Rayamemohon maaf dengan setulus-tulusnya,“ ucap Ampon Bang, yang juga Ketua Panitia MTQ ke-32 Aceh.

Penyerahan piala bergilir diserahkan oleh Sekda Dermawan, yang didampingi Bupati Nagan Raya, T Zulkarnaini, kepada Pemkab Aceh Utara, yang diterima Sekda Aceh Utara Drs. Isa Anshari. []

Check Also

Gubernur Aceh Bahas Kerja Sama Pengembangan Ekonomi Negara-negara IMT-GT

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengikuti Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), Chief Minister …