Home / Berita Terkini / Mualem: Media, Jika Partisan Pasti Ditinggalkan Pembaca

Mualem: Media, Jika Partisan Pasti Ditinggalkan Pembaca

Banda Aceh, 23/04/2015 | Humas Aceh

Banda Aceh – Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf berharap agar media dapat memberikan informasi yang tidak hanya cepat dan tepat tapi juga harus berimbang. Hal tersebut disampaikan Wagub, saat menghadiri dan melakukan pengguntingan pita tanda diluncurkannya Media Online portalsatu.com serta majalah ATRA, (Kamis, 23/4/2015).

Dalam sambutan singkatnya yang dibacakan oleh DR Iskandar A Ghani SH, selaku Asisten I Setda Aceh, Mualem menjelaskan bahwa Pemerintah Aceh sangat menyambut baik kehadiran dua media ini.

“Semoga Portalsatu.com dan Majalah ATRA mampu memberi warna bagi pembangunan demokrasi  di Aceh, sekaligus sebagai kekuatan baru dalam memberi asupan informasi kepada masyarakat secara cepat, akurat, transparan, dan terpercaya,” ujar Wagub.

Muzakir menekankan, bahwa media memiliki peran yang sangat penting dalam sistem demokrasi, karena media merupakan alat paling vital dalam hal membangun mindset publik tentang segala sesuatu yang berkembang di masyarakat.

“Informasi yang disampaikan media bisa membuat orang berempati, bersedih, marah, gembira, atau bahkan bisa pula terdorong untuk melakukan tindakan positif maupun negatif. Tidak jarang media juga berperan sebagai penyulut konflik, atau sebalikya, bisa pula sebagai motor penguat perdamaian. Semuanya sangat bergantung kepada kebijakan redaksional media itu sendiri,” tambah pria yang akrab disapa Mualem.

Mualem juga menegaskan, jika tim redaksi suatu media memiliki jiwa partisan, maka media tersebut tentu akan melihat informasi berdasarkan kepentingannya sendiri. Dalam perkembangan politik di tanah air, media masa baik cetak maupun elektronik sering digunakan sebagai alat politik untuk kepentingan penguasa, partai politik atau pihak-pihak lain.

“Bahkan, media itu terkadang sengaja memilih kalimat sensasional agar subjek yang diberitakan terlihat negatif dimata publik. Saya percaya, media seperti ini tidak akan mendapat tempat di hati masyarakat Aceh, sebab informasi yang diberitakannya bersifat tidak benar dan tidak akurat. Jika kondisi ini terus berlanjut maka media tersebut akan ditinggalkan oleh pembacanya,” tegas Mualem.

Mualem menyatakan, tentu saja masyarakat Aceh tidak menginginkan ada media seperti itu di Aceh. Masyarakat tentu saja menginginkan media yang independen, jujur, transparan, dan selalu menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan akurat.

“Inilah yang saya harapkan menjadi spirit bagi  portalsatu.com dan Majalah ATRA yang sesaat lagi akan kita saksikan peluncurannya. Jika prinsip akurasi dan independensi menjadi pegangan, saya percaya kedua media akan berkembang, apalagi jika diperkuat dengan tim redaksi yang bekerja cepat dan tangkas dalam menggali informasi dari nara sumber,” tambah Mualem.

Wagub mengingatkan, bahwa saat ini masyarakat semakin cerdas dalam memilih dan memilah informasi. Karena itu media harus teliti dalam menulis informasi, agar masyarakat percaya dan terdorong melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, Mualem juga menegaskan, bahwa Pemerintah Aceh sama sekali tidak pernah alergi dengan sikap kritis media. Pemerintah Aceh justru menginginkan agar media bersikap kritis dalam memberitakan segala informasi, termasuk informasi seputar pemerintahan.

“Saya percaya, informasi yang benar dan akurat pasti sangat berperan penting dalam mendorong terciptanya clean government dan good governance. Dengan sikap kritis itu, maka kontrol sosial akan bekerja dengan baik, sehingga berbagai penyelewengan dan pelanggaran dapat segera ditindak atau diantisipasi sejak dini.”

Mualem juga menjelaskan, selama ini banyak kebijakan Pemerintahan Aceh yang justru lahir dari sikap kritis media. Oleh karena itu, Mualem berharap agar sikap kritis tersebut dapat terus dijaga.

Namun Wagub juga mewanti-wanti agar sikap kritis suatu media jangan sampai dikotori oleh kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Menurut Mualem, sikap kritis yang hadir semata-mata dilatarbelakangi oleh kepentingan publik demi terciptanya semangat keterbukaan informasi.

“Sekali lagi, saya berharap portalsatu.com dan Majalah ATRA menjadi bagian dari media kritis itu, sehingga kehadiran media ini mampu memperkuat cahaya demokrasi di negeri kita. Selamat atas kehadiran portalsatu.com dan Majalah ATRA. Jadilah media yang jujur, bertanggungjawab dan akurat dalam menyampaikan informasi. Taati hukum yang berlaku sehingga publik akan percaya  dengan media ini,” pungkas Muzakir Manaf.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan unsur Forkorpimda Aceh, Wakil Ketua DPRA, T Irwan Djohan, Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, Ketua DPD Partai Gerindra Aceh TA Khalid, Ketua DPD Partai Nasdem Aceh Zini Djalil, Sekda Kota Lhokseumawe, Dasni Yuzar, tokoh masyarakat dan sejumlah awak media.

Check Also

Nova Iriansyah Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor

Bogor–Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat …