Home / Berita Terbaru / Pawai Bendera Merah Putih Simbol Pemersatu Bangsa

Pawai Bendera Merah Putih Simbol Pemersatu Bangsa

Humas Aceh | 29 Sep 2018
Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyambut baik Pawai Bendera Merah Putih Sabang-Merauke, yang digagas oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kegiatan itu, kata Nova, menjadi simbol pemersatu bangsa sekaligus membangkitkan jiwa nasionalisme seluruh rakyat Indonesia.

“Selain menjadi simbol pemersatu, pawai yang dimulai dari Sabang hingga Merauke ini akan memupuk rasa nasionalisme seluruh elemen bangsa. Dengan nasionalisme yang tinggi, kita akan mampu memperkuat karya dan karsa bagi bangsa, sehingga dapat menghadang semua gangguan terhadap kedaulatan bangsa ini,” kata Nova usai memimpin acara penyambutan dan pelepasan pawai Bendera Merah Putih dalam rangka memeriahkan ulang tahun TNI ke-73, di Lapangan Blang Padang, Jumat (28/9/2018) sore.
Nova mengingatkan, di era globalisasi saat ini tantangan dalam menegakkan kedaulatan bangsa bukanlah ancaman militer semata, tetapi juga berupa ancaman mental yang berpotensi merusak jiwa nasionalisme anak bangsa.
“Begitu rentannya ancaman ini, sehingga banyak orang yang begitu mudah mencaci, menghina dan meremehkan simbol-simbol kebangsaan kita. Tindakan ini tentu tidak boleh kita biarkan, sebab bagaimanapun juga, simbol-simbol negara itu adalah bagian dari jati diri bangsa dan pengikat semangat nasionalisme kita,” kata Nova.
Pawai Bendera Merah Putih dimulai hari ini dengan mengambil titik mula di tugu Kilometer Nol Sabang, dan direncanakan tiba di Meurake pada 4 Oktober mendatang. Selain personel TNI, pawai ini juga melibatkan pemuda dan masyarakat.
Keterlibatan pemuda dan elemen masyarakat pada pawai ini menunjukkan bahwa tidak ada sekat pemisah antara TNI dan rakyat. “Saya selaku Pimpinan Pemerintah Aceh tentu mendukung penuh suksesnya pawai ini. Jayalah TNI, Jayalah Indonesiaku,” ujar Nova penuh semangat.
Nova juga mengimbau kepada segenap anggota TNI agar peringatan HUT TNI ke-73 yang diperingati tanggal 5 Oktober mendatang, dijadikan sebagai momentum untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan.
“Bersama-sama kita pelihara keutuhan dan kekompakan TNI dan rakyat, sehingga negara kita semakin kuat. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-73. Selamat jalan untuk Tim Pawai Pembawa Bendera Merah Putih,” kata Plt Gubernur Aceh.

Check Also

Gubernur Aceh: Islam Larang Keras Monopoli

BANDA ACEH – Islam sangat melarang adanya praktik-praktik ekonomi yang tidak sehat, tidak kompetitif, termasuk …