Home / Ekonomi / Pedagang Dilarang Jual Apel Amerika

Pedagang Dilarang Jual Apel Amerika

Banda Aceh, 29-01-2015 | Humas Aceh

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melarang pedagang maupun distributor buah untuk menjual dan mendistribusikan apel impor dari Amerika jenis Granny Smith merek Granny’s Best dan Royal Gala merek Big Bi. Kedua jenis apel tersebut terindikasi tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

Larangan itu diumumkan setelah Pemerintah Aceh bersama tim gabungan, Selasa (27/1), turun ke lapangan melakukan inspeksi mendadak (sidak). Tim terdiri dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh.

“Dari sidak kami hari ini, kami mendapati kedua apel itu beredar di pasar. Apel jenis granny smith apel hijau kodenya 4017 dan 4139, dan apel gala,” kata Kepala Disperindag Aceh, Safwan, didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, Iskandar Idris, kepada Serambi kemarin.

Kedua jenis apel tersebut seperti telah diberitakan harian ini sebelumnya, terindikasi tercemar bakteri Listeria monocytegenes. Di Amerika dilaporkan sudah 32 orang jatuh sakit dan 7 orang meninggal dunia. Pemerintah Malaysia bahkan telah mencekal apel tersebut dan meminta agar semua apel dimaksud ditarik dari pasaran.

Langkah tersebut kemudian diikuti oleh Pemerintah Indonesia. Kementerian Perdagangan, Senin (26/1), mengumumkan larangan perdagangan buah apel jenis Granny Smith dan Gala yang diimpor dari Bidart Bros, Bakersfield, California, Amerika. Masyarakat juga diminta untuk tidak mengkonsumsi dua jenis apel tersebut, dan meminta para importir, distributor, dan pengecer menarik peredaran barang di pasar.

“Kami tegaskan, pedagang tidak boleh lagi menjual dua jenis apel ini. Begitu pula dengan distributornya akan kita awasi supaya jangan lagi mendistribusikan apel ini ke Aceh,” tegas Safwan

Sumber : Serambi Indonesia

Check Also

Warga Binaan Diimbau Asah Keterampilan

Pidie – Pelaksana Tugas Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, mengimbau para warga binaan di …