Home / Berita Terbaru / Pemerintah Aceh Berangkatkan Masyarakat Peternak ke Blitar dan Kendal
Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, foto bersama saat melepas keberangkatan sembilan masyarakat peternak, di Kantor Dinas Peternakan Aceh, Banda Aceh, Senin (22/8/2022).

Pemerintah Aceh Berangkatkan Masyarakat Peternak ke Blitar dan Kendal

Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan produktivitas, efektivitas dan efisiensi pengolahan pakan bagi peternak ayam petelur, Pemerintah Aceh memberangkatkan sebanyak 9 orang masyarakat peternak ke Blitar dan Kendal.

Atas nama Pemerintah Aceh, Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, melepas keberangkatan kesembilan masyarakat peternak tersebut, di halaman depan Dinas Peternakan Aceh, Senin (22/8/2022).

“Beberapa waktu lalu, saya turut mendampingi Pak Pj Gubernur ke Badan Pangan Nasional Aceh untuk membahas berbagai hal terkait upaya kita terkait ketahanan pangan di Aceh. Salah satu solusinya adalah memberdayakan teman-teman agar bagaimana nantinya bisa membuat pabrik pakan yang baik, murah dan terjangkau,” ujar Zalsufran.

Untuk itu, Zalsufran berpesan agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius. “Gali ilmu sebanyak-banyaknya agar bisa kita aplikasikan saat kembali ke Aceh. Saat ini, yang sukses itu di Blitar, maka kita mengirim bapak dan ibu ke sana untuk belajar.”

Dalam kesempatan tersebut, Zalsufran juga berpesan kepada para pendamping yang turut diberangkatkan untuk memperhatikan berbagai keperluan peserta, selama berada di Blitar dan Kendal.

“Pastikan fasilitas peserta pelatihan tercukupi. Apa saja kebutuhan selama di tempat pelatihan harus diperhatikan dengan baik,” kata Zalsufran.

“Selamat mengikuti pelatihan. Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi atas apa yang telah bapak dan ibu rintis selama ini. Jaga nama baik Aceh selama mengikuti pelatihan. Insya Allah, ke depan kita bisa berkembang bersama,” pungkas Zalsufran.

Kesembilan masyarakat peternak yang akan mengikuti pelatihan tersebut adalah Warsono, Mainsir, Furnawi M Nur dan Aidil Firman. Keempat orang peternak ini akan mengikuti pelatihan di Koperasi Putera, di Blitar Jawa Timur.

Sedangkan, Mulyadi, Mahmud, Taufik Helmi, Ita Liana dan Nopri Misgianto akan diberangkatkan ke Koperasi Peternak Unggas Sejahtera, di Kendal Jawa Tengah.

Usai melepas para peserta pelatihan, Kadis Peternakan Aceh menjelaskan, kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh Badan Pangan Nasional, sebagai bagian dari upaya mempersiapkan masyarakat terkait ketahanan pangan.

“Saat mendampingi Pak Pj Gubernur ke Bapanas beberapa waktu lalu ada banyak hal yang kita bahas. Dan, mengirim perwakilan masyarakat peternak untuk study banding ke Blitar dan Kendal ini adalah salah satu tindaklanjut dari pertemuan tersebut,” ujar Zalsufran.

“Kedua koperasi tempat pelatihan ini merupakan koperasi yang sukses mengembangkan pabrik pakan mini yang mampu menopang kebutuhan pakan bagi masyarakat peternak di sana. Kita berharap, usai pelatihan ini hal tersebut bisa diterapkan di Aceh,” kata Zalsufran.

Zalsufran mengungkapkan, dari hasil pertemuan dengan Bapanas, saat ini Pemerintah Aceh telah mengajukan permohonan untuk pengadaan bibit dan kandang ayam petelur yang akan didirikan di 9 kabupaten/kota.

“Selain itu, Bappenas juga akan mendirikan 12 pabrik pakan mini untuk 9 kabupaten/kota. Saat ini, semua sedang berproses. Kita doakan bersama agar semua rencana ini segera terealisasi, agar Aceh mampu menjadi salah satu daerah dengan ketahanan pangan yang baik, sekaligus mendukung ketahanan pangan nasional,” imbuh Zalsufran. (Ngah)

Check Also

Pemerintah Aceh Raih Anugerah Meritokrasi 2022

JAKARTA – Pemerintah Aceh mendapatkan penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), atas capaiannya yang …