Home / LINTAS ACEH / Pemerintah Aceh gelar karnaval pawai sambut Awal Muharram 1436 H

Pemerintah Aceh gelar karnaval pawai sambut Awal Muharram 1436 H

Banda Aceh | 10/24/2014

BANDA ACEH: Pemerintah Aceh melalui Panitia Penyelenggara Perayaan Hari Besar Islam (P3HBI) akan mennggelar pawai karnaval dalam rangka menyambut dan memeriahkan pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1436 H, pada Sabtu, 25 Oktober 2014 ini.

Peserta pawai karnaval terdiri dari murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Dayah dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh.

Disamping acara pawai karnaval, Pemerintah Aceh juga akan mengadakan ceramah agama Tahun Baru Islam di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh yang akan disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr. H. Zulkarnain Abdullah, MA pada jam 20.00 WIB.

Ketua P3HBI, Drs. Ilyas Nyak Tuy berkata para peserta pawai karnaval dari setiap kategori akan dinilai dan diberikan kontribusi konsumsi dan partisipasi sebesar Rp.400.000 per kelompok peserta.

“Kepada pemenang juara pertama pawai karnaval Tahun Baru Islam kali ini akan diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp. 4 juta ditambah dengan piala, sedangkan juara kedua dan ketiga masing-masing akan diberikan hadiah uang tunai sebesar Rp. 3 juta dan Rp. 2.5 juta.

“Disamping peserta dari  kalangan pelajar, pihak panitia P3HBI juga menghimbau kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) untuk ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan pawai karnaval memeriahkan peringatan tahun baru Islam ini,” jelas Ilyas Nyak Tuy.

Menurut panitia P3HBI, sejauh ini sudah ada beberapa dinas yang sudah ikut mendaftar untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini, diantaranya Dinas Syariat Islam, Dinas Cipta Karya, Dinas Mobilitas Penduduk, dan Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin.

Kepada pihak yang ingin berpartisipasi dalam acara ini agar dapat menghubungi Panitia Penyelenggara Perayaan Hari Besar Islam (P3HBI) di Biro Keistimewaan Rakyat Sekretariat Aceh selambat-lambat nya pada jumat ini.

Rute Karnaval

Karnaval akan dimulai tepat pukul 08:00 WIB. Para peserta karnaval nantinya akan dibagi kedalam dua rute berbeda. para peserta tingkat Paud dan Taman Kanak-kanak akan menempuh rute lebih pendek bila dibandingkan dengan rute yang akan dilalui oleh peserta lain. berikut ini adalah pembagian rute karnaval tersebut. Memulai start sama dari Lapangan Blang Padang para peserta karnaval tingkat PAUD/TK akan finish di Rumoh Aceh yang berada di Museum Aceh. sedangkan para peserta karnaval tingkat SD,SMP dan SMA (sederajat) akan finish di depan Mesjid Raya Baiturrahman.

Rute Karnaval Tingkat PAUD/TK

Blang Padang (Start)-Jalan Iskandar Muda-Simpang Jam-Pendopo Gubernur (Jalan Sutan Muhammad Daud Syah)-Rumoh Aceh (Finish PAUD/TK)

Rute Karnaval Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat

Blang Padang (Start)-Jalan Iskandar Muda-Simpang Jam-Pendopo Gubernur (Jalan Sutan Muhammad Daud Syah)-Simpang Kodim 0101 BS—Simpang Surabaya-Jalan T Hasan Dek-Simpang Jambo Tape-Jalan T Daud Beureueh-Simpang Lima-Jalan Pante Pirak-Mesjid Raya Baiturrahman (Finish)

Check Also

Dalam Sehari, 336 ASN Pemerintah Aceh di Empat SKPA Donorkan Darahnya

BANDA ACEH – Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, melalui Kepala Bagian Komunikasi dan Materi …