Home / Berita Terkini / Pemerintah Aceh Terima Anugerah Pangripta Nusantara 2015

Pemerintah Aceh Terima Anugerah Pangripta Nusantara 2015

Banda Aceh | (29/4/2015)

Jakarta- Pemerintah Aceh kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2015 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atas perencanaan pembangunan daerah terbaik se-Indonesia. Aceh berada pada peringkat harapan 2 terbaik.

 

Anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof A. Chaniago di depan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada acara pembukaan Musrenbangnas tahun 2015 di Bidakara Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Penghargaan tertinggi bidang perencanaan pembangunan ini diberikan untuk daerah yang memiliki rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) terbaik.

“APN adalah penghargaan tertinggi yang diberikan atas keberhasilan daerah dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan terbaik,” kata M. Ali Al Fata, Kepala Biro Humas Setda Aceh.

Penghargaan ini, jelas M.Ali Al Fata seperti perangkingan penilaian kinerja pemerintah daerah yang mencakup 34 provinsi. Pelaksanaan APN 2015 tahun ini mengalami sedikit perubahan, jika tahun sebelumnya sebanyak 12 provinsi ditetapkan sebagai pemenang sedangkan tahun 2015 pemenang yang terpilih hanya sebanyak enam provinsi.

Selama tiga tahun berturut turut sejak tahun 2013, Aceh berhasil meraih penghargaan APN dengan pencapaian peringkat lebih baik seiring dengan terus membaiknya pelaksanaan perencanaan pembangunan Aceh.

Pencapaian Aceh tahun ini, setara dengan peringkat 5 terbaik nasional. Dan peringkat pertama di Sumatera, capaian ini lebih baik dari yang telah diperoleh pada tahun sebelumnya yaitu terbaik II kelompok A pratama setara peringkat 8 nasional.

“hal ini menunjukkan Aceh telah menerapkan proses penyusunan perencanaan yang semakin baik setiap tahunnya,” tambahnya.

Untuk kategori provinsi, Terbaik 1 diraih oleh DI Yogyakarta, Terbaik 2 Kalimantan Timur Terbaik 3 Jawa Barat Harapan 1 Jawa Timur harapan 3 Sulawesi Utara.

Sementara untuk tingkat kabupaten/kota, dari total 529 kabupaten/kota se-Indonesia, Aceh Barat keluar sebagai perencana terbaik pertama nasional.

Terbaik ke 2 diraih Kabupaten Sleman, terbaik 3 kabupaten Muara Enim, Harapan 1 diarih Lombok Utara,  2 kabupaten Siak dan Harapan 3 kabupaten Banyuwangi

“Torehan prestasi ini tentu akan menambah semangat kita untuk berbuat yang terbaik bagi Aceh, ujar M. Ali Al Fata.

“Kita berterima kasih atas penghargaan ini. Ke depan kita akan terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Aceh. Selain memiliki perencanaan yang baik, Aceh juga harus mampu melaksanakan semua program yang sudah direncanakan,” pungkasnya.

 

Gubernur Aceh, ungkap M. Ali Al Fata, memberikan apresiasi kepada semua pihak atas prestasi ini. Anugerah yang berhasil diraih ini berkat kinerja semua komponen termasuk media pers di dalamnya, dan tentunya kesuksesan ini dipersembahkan kepada seluruh rakyat Aceh.[]humasaceh

Check Also

Grup Marching Band Gita Bungong Melati SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, Raih Juara Umum Di MOMBC II 2020

Banda Aceh – Grup Marching Band Gita Bungong Melati SD Negeri 20 Kota Banda Aceh, …