Home / LINTAS ACEH / Pemko Banda Aceh Raih Penghargaan Top 99 inovasi Pelayanan Publik Nasional 2017

Pemko Banda Aceh Raih Penghargaan Top 99 inovasi Pelayanan Publik Nasional 2017


Humas Aceh | 22 Mei 2017

Gresik-Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menoreh prestasi di kancah nasional setelah berhasil masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Top 99 ini terdiri dari 20 kementerian, 3 lembaga, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota, 2 BUMN, dan 4 BUMD yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, SE dari Menteri PANRB, Asman Abnur pada malam penganugerahan Top 99 Inovasi pelayanan Publik 2017 di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Sabtu (20/5). Hadir dalam acara ini Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim Soekarwo, dan sejumlah kepala daerah.

Kota Banda Aceh meraih penghargaan untuk inovasi sampah menjadi gas, berkah bagi warga dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh. Atas raihan prestasi tersebut, Illiza menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh karena kinerja dan inovasinya tersebut turut mengharumkan nama Kota Banda Aceh di kancah nasional.

“Kedepan kita berharap, agar SKPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh juga memiliki inovasi baru guna peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat” ujarnya.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur untuk meraih top 99 inovasi nasional tersebut memang tidaklah gampang.

“Tidak mudah untuk mencapai Top 99, yang pada dasarnya merupakan inovasi terbaik di tingkat nasional ini. Dalam kompetisi tahun 2017 ini, tercatat 3.054 inovasi pelayanan publik yang terdaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SiNovik) dan berkompetisi,” ucapnya di sela- sela penganugerahan penghargaan Top 99 inovasi pelayanan publik nasional 2017 di Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur,” kata Menpan-RB.

Penetapan Top 99 diperoleh setelah melalui evaluasi mendalam. Dari evaluasi tersebut 3.054 Inovasi pada kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kota, kabupaten, BUMN dan BUMD, kemudian terseleksi menjadi 1.373 inovasi.

Selanjutnya dilakukan desk evaluation oleh Tim Evaluasi, yang terdiri dari para dosen senior perguruan tinggi yang berpengalaman sebagai asesor. Hasilnya, terpilih 150 proposal dengan nilai tertinggi untuk diserahkan kepada Tim Panel Independen.

Dari situlah kemudian ditetapkan inovasi yang berhasil masuk top 99 nasional yakni 20 kementerian, 3 lembaga, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota, 2 BUMN, dan 4 BUMD sebagai peraih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun ini. (*/MA)

Check Also

Peringati Hari Ibu, Seluruh Provinsi Gelar Jalan Santai Serentak

Banda Aceh– Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke- 91 tahun 2019 , Pemerintah Aceh bekerjasama …