Home / Berita Terbaru / Pj Gubernur Dukung FKUB Perkuat Kerukunan Umat Antaragama di Aceh
Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, saat menerima silaturahmi dan audiensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) di Mwuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Minggu, (30/10/2022).

Pj Gubernur Dukung FKUB Perkuat Kerukunan Umat Antaragama di Aceh

BANDA ACEH— Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mendukung berbagai peran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh dalam menjalankan berbagai perannya di Bumi Serambi Mekkah. Hal itu penting agar indeks kerukunan umat antar agama di Aceh terus meningkat.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur saat menerima audiensi pengurus FKUB Aceh di Meuligoe Gubernur, Minggu, 30/10/2022.

Dalam kesempatan tersebut pengurus FKUB meminta dukungan Pj Gubernur supaya dapat menghibahkan tanah milik Pemerintah Aceh agar dapat dibangun kantor organisasi.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Achmad Marzuki bersedia untuk menghibahkan tanah untuk pembangunan kantor. Ia meminta FKUB untuk melanjutkan koordinasi dengan Sekda Aceh, Kepala Bappeda dan Badan Pengelola Keuangan Aceh. “Kita sependapat tanah pertapakannya disediakan oleh Pemerintah Aceh dan pembangunan gedungnya didanai dengan APBN melalui Kementerian Agama RI, ” kata Pj Gubernur.

Lebih lanjut, Pj Gubernur juga mendiskusikan berbagai polemik pendirian rumah ibadah di Aceh bersama FKUB, seperti di Kabupaten Aceh Singkil. Ia berharap segala polemik pendirian rumah ibadah dapat diselesaikan dengan cara musyawarah. “Hal penting yang harus diperhatikan bahwa Aceh memiliki beberapa kekhususan dan norma-norma yang hidup dan berkembang dalam masyarakat itu harus dicermati betul jangan sampai timbul berbagai gesekan, “kata Achmad Marzuki.

Menurut Achmad Marzuki, disamping persoalan konflik umat beragama, ada persoalan lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh semua kalangan. Yaitu persoalan kesejahteraan masyarakat. Terutama masalah pembangunan Aceh, masalah pertanian, masalah perikanan, dan masalah kedangkalan kuala sungai di berbagai daerah. “Dalam kurun waktu tugas saya di Aceh, saya berkeinginan untuk menggerakkan pembangunan Aceh, ” kata Achmad Marzuki.

Sebelumnya, Ketua FKUB Aceh, H.A. Hamid Zein, menyampaikan terimakasih atas dukungan dan berbagai saran dari orang nomor satu di Aceh itu.

Pada kesempatan itu, Hamid menyampaikan berbagai fenomena umat antar agama di Aceh kepada Pj Gubernur. Seperti tugas dan peran FKUB dan berbagai persoalan penyelesaian konflik antar umat.

Delegasi Pengurus FKUB Aceh juga dihadiri oleh Wakil Ketua H. Abdullah Usman, Wakil Sekretaris Zulfahmi. Turut juga mendampingi pada acara tersebut Plh. Kaban Kesbangpol Aceh Masrimin. [•]

Check Also

Ayu Marzuki: Semua Punya Peran Dalam Mencegah dan Melindungi Anak dari Kekerasan

SIGLI – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki mengungkapkan upaya pencegahan dan …