Home / Berita Terkini / Plt Gubernur dan Forkopimda Tinjau Kesiapan TPS Jelang Pemilu

Plt Gubernur dan Forkopimda Tinjau Kesiapan TPS Jelang Pemilu

Humas Aceh | 16 April 2019

Banda Aceh – Jelang penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko serta Kajati Aceh Irdam, meninjau kesiapan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Selasa (16/4/2019).

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersama unsur Forkopimda meninjau sejumlah lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pidie serta Pidie Jaya dalam rangka kesiapan pelaksaan pemilu, Selasa, 26 April 2019.

“Hari ini kita sudah melakukan peninjauan secara acak di Pidie dan Pidie Jaya. Nanti Pak Kapolda dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya, juga akan terus menyisir hingga ke Aceh Tamiang untuk memastikan kondusifitas keamanan jelang hari pencoblosan besok,” ujar Plt Gubernur.

“Kita berharap semua akan berjalan lancar. Pak Kapolda juga sudah berkoordinasi dengan seluruh jajaran di daerah, untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Kita tentu berharap Pemilu serentak besok akan berjalan lancar, sukses, aman dan damai seperti Pilkada lalu,” sambung Nova.

Sebagaimana diketahui, besok (Rabu, 17/4) seluruh rakyat Indonesia akan mengukir sejarah penyelenggaraan Pemilu terbesar karena menggabungkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif, baik DPR RI, DPD, DPRA dan DPRK.

Lebih dari 192 juta pemilih akan menyalurkan hak suranya di TPS-TPS yang sudah disedikan oleh Pemerintah. Untuk Aceh, jumlah pemilih mencapai lebih dari 3. 525.757 pemilih, yang terdiri atas 1.735.723 pemilih pria dan 1.790.034 pemilih perempuan, yang akn menyalurkan suaranya di 15.616 TPS yang tersebar di 6.498 Gampong, di seluruh Aceh.

Di Pidie, Plt Gubernur dan rombongan disambut Oleh Bupati dan Wakil Bupati Pidie. Setidaknya ada dua TPS yang ditinjau oleh Plt Gubernur, yaitu TPS 001 Gampong Benteng dan TPS Pasar Pantai Teungoh.

Sedangkan di Kabupaten Pidie Jaya, Plt Gubernur dan rombongan juga disambut oleh Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya. Ada dua TPS yang ditinjau Plt Gubernur, yaitu TPS 04 Gampong Manyang Cut, dan TPS 001 Gampong Meunasah Lhok.

Untuk memastikan kenyamanan para pemilih saat menyalurkan suaranya di TPS, Plt Gubernur sempat melakukan simulasi pencoblosan, mulai dari kehadiran, mengantri, mencoblos hingga memasukkan kertas suara dan keluar lokasi TPS. Untuk memberi semangat para petugas TPS, Plt Gubernur juga mengajak seluruh perangkat TPS untuk berfoto.

Dengan semua persiapan yang ada dan sinergitas semua pihak, Plt Gubernur optimis pemilu serentak akan berlangsung sukses.

“Tadi ada kekurangan suara di TPS di Sigli, tapi Insya Allah surat suara pengganti akan tiba hari ini juga, karena berdasarkan informasi, pukul 11.00 Wib tadi, surat suara pengganti sudah berada di Bandara. Kita tentu berharap, dengan partisipasi dan dukungan masyarakat dan semua pihak, penyelenggarakan Pemilu serentak di Aceh akan berlangsung secara aman dan damai,” pungkas Nova.

Sementara itu, sebelum bergerak menuju Pidie dan Pidie Jaya, Plt Gubernur sempat mengimbau awak media untuk turut mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 9 tahun 2019, tentang perubahan atas PerKPU nomor 3 tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

“Kami mohon bantuan dari rekan-rekan media, sehingga tidak akan terjadi biasa dan keraguan bagi masyarakat. Semakin tinggi partisipasi pemilih tentu akan lebih baik. Kita berharap Pemilu serentak tahun ini partisipasi pemilih bisa mencapai lebih dari 80 persen. Oleh karena itu, kami mengimbau untuk tidak golput. Satu pesan saya, Nyoblos itu Asik!” pungkas Plt Gubernur Aceh.

Check Also

Pemerintah Aceh Tetapkan Enam Prioritas RAPBA Tahun 2020

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, mengatakan Pemerintah Aceh sudah menetapkan enam prioritas Rancangan …