Home / NASIONAL / Rabu, Bantuan Aceh untuk Gaza Disalurkan Melalui Mercy Indonesia

Rabu, Bantuan Aceh untuk Gaza Disalurkan Melalui Mercy Indonesia

Banda Aceh | 08/26/2014 |LOGO-HUMASs1

Banda Aceh [Humas Aceh] – Akhirnya, proses panjang penggalangan dana oleh Pemerintah Aceh untuk korban kebrutalan Israel di Gaza berakhir. Kerja keras tim Pemerintah Aceh dalam mengajak warga Aceh untuk membantu warga Gaza membuahkan bantuan senilai Rp 6,3 miliar lebih. Direncanakan, bantuan tersebut akan diserahkan oleh Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah melalui Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia Rabu nanti (27/8/2014).

“Awalnya ingin diserahkan ke Kedubes Palestina di Indonesia. Namun pihak Kedubes justru menyarankan pengiriman bantuan melalui PP Muhammadyah. Kata mereka yang menghandle itu di Indonesia salah satunya PP Muhammadyah. Tapi setelah didiskusikan kembali, akhirnya Pak Gubernur memutuskan akan diserahkan melalui Mercy Indonesia,” ujar Ketua Posko Gaza Pemerintah Aceh, Dr Mahyuzar MSi, Selasa (26/8/2014).

Setelah proses komunikasi dilakukan dengan Mercy Indonesia, pihak Pemerintah Aceh mengaku sambutan Mercy Indonesia cukup bagus. Katanya, bantuan masyarakat Aceh itu merupakan suatu inovasi bantuan yang langsung dipelopori oleh pemerintah. Di Indonesia, hanya Pemerintah Aceh lah yang secara professional melakukan penggalangan dana.

“Kalau daerah lain, kata Pihak Mercy pemerintahnya tidak turun langsung seperti yang dilakukan Pemerintah Aceh. lumrahnya hanya lembaga-lembaga tertentu dan pihak swasta. Karena itu apresiasi mereka sangat luar biasa. Menariknya lagi, ternyata salah satu pengelola Mercy Indonesia adalah putra Aceh bernama dr Yusrizal,” jelas Mahyuzar.

Bantuan tersebut katanya lagi direncanakan akan diperuntukkan untuk melengkapi pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Bantuan sebesar diharapkan bisa membantu optimalisasi pelayanan medis warga Gaza korban serangan brutal Israel. Apalagi diketahui, sejumlah rumah sakit dan pusat-pusat pelayanan umum warga setempat juga jadi tujuan serangan jet-jet tempur Israel.

“Atas bantuan ini, Mercy Indonesia menjanjikan adanya satu ruang khusus di Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Ruangan itu akan diberi nama dengan tokoh Aceh. Pak Zaini sudah memilih nama Tokoh Pahlawan Nasional asal Aceh, Tgk Chick Ditiro M Hasan sebagai nama ruangan itu. Di rumah sakit itu juga akan dibangun sebuah prasasti bantuan Aceh untuk Gaza yang langsung ditandatangani oleh Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah,” pungkasnya.

Sementara itu, seremonial penyerahan bantuan Aceh untuk Gaza akan dilakukan di Mess Aceh Jl RP Soeroso, Jakarta. Dipastikan para tokoh Aceh di Jakarta baik dari kalangan legislatif maupun pengusaha akan hadir. Selain itu, Pemerintah Aceh juga sudah mengundang pihak Kemensos, Kedubes Palestina, kemenlu, Kemendagri, dan Kemenpan.

“para tokoh-tokoh Aceh di Jakarta juga memberikan apresiasi yang bagus. Mereka insyaAllah akan hadir di acara ini besok,” tandasnya menutup pembicaraan. [the Globe Journal]

Check Also

HUT Korpri, Ribuan ASN Aceh Ikuti Jalan Santai

Banda Aceh – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh mengikuti gerak jalan santai di …