Home / Aceh Besar / Sekda dan Forkopimda Sambut Kedatangan Kapolda Aceh
Sekda Aceh, Bustami, SE, M.Si, didampingi Istri Ny. Mellani Bustami, saat menyambut kedatangan Kapolda Aceh yang baru Irjen Pol Achmad Kartiko, di VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (2/10/2023).

Sekda dan Forkopimda Sambut Kedatangan Kapolda Aceh

JANTHO – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami Hamzah bersama Istri Mellani Subarni, menyambut kedatangan Kapolda Aceh yang baru Irjen Pol Achmad Kartiko, di VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Senin (2/10/2023).

Tak lama usai menginjakkan kaki di Bumi Serambi Mekah, Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Polda Aceh disambut dengan alunan Seurune Kalee dan tarian Ranub Lampuan serta dipeusijuek oleh Plt Ketua Majelis Adat Aceh Yusdedi, di ruang adat VIP Bandara SIM.

Irjen Pol Achmad Kartiko ditunjuk sebagai Kapolda Aceh, menggantikan Irjen Pol Achmad Haydar yang ditarik ke Mabes Polri sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Tak hanya Kapolda Aceh, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menunjuk Kombes Pol Armia Fahmi sebagai Wakapolda Aceh, menggantikan Brigjen Pol Syamsul Bahri, yang dirotasi karena memasuki masa pensiun.

Selain Sekda, sejumlah unsur Forkopimda Aceh lainnya juga terlihat menjemput Kapolda, di antaranya Wakil Ketua DPRA Safaruddin, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, Kajati Aceh Rudi Irmawan serta sejumlah pejabat lainnya.

Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh M Gade menjelaskan, acara penyambutan itu merupakan sebuah kebiasaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh untuk menyambut pejabat yang baru bertugas di Aceh. “Seperti biasa, jika ada pejabat yang baru ditugaskan di Aceh, maka Pemerintah Aceh pasti akan menyambut dengan acara adat Peusijuek. Ini merupakan bagian dari tradisi Peumulia Jamee, yang merupakan adat istiadat kita,” ujar Gade. []

Check Also

Pemerintah Aceh Komit Dorong Pemilihan Gubernur yang Demokratis

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh berkomitmen mendorong penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun …