Home / Berita Terbaru / Tenaga kerja harus memiliki skill

Tenaga kerja harus memiliki skill

Banda Aceh | 6-2-2015 | Humas Aceh Banda Aceh – Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Lhokseumawe, Ir Usman Mahmud menilai, persoalan ketenagakerjaan tidak hanya terletak pada struktur lapangan kerja atau tingkat upah, namun yang lebih urgent adalah kompetensi dan produktivitasnya. Ia juga menekankan, pentingnya pelatihan bahasa dan skill bagi para pekerja lokal.

“Harus mampu menguasai bahasa inggris, mengerti IT dan punya skill,” kata Usman Mahmud, saat memberi pandangannya dalam Rakerda yang berlangsung di Aula Serba Guna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jum’at (6/2) pagi.

“Pelatihan-pelatihan harus di galakkan, agar mereka punya kemampuan dan keahlian khusus. Jangan sampai pemuda kita menjadi penonton saja karena tidak mampu bersaing,”tukasnya.

Syamsul Raden, SH, Ketua Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (FSPTI-KSPSI Aceh) mengatakan, SDM yang berkualitas tentunya akan berimplikasi pada perekonomian. Jumlah pencari kerja saat ini, sambungnya, lebih besar ketimbang jumlah peluang kerja yang ada.

“Langkah-langkah strategis harus berani kita lakukan, melatih mereka dan sebagainya, sehingga keterampilan pencari kerja selaras dengan kompetensi yang dibutuhkan pasar,”tutur Syamsul Raden.

Ketua Apindo Aceh HM Dahlan Sulaiman juga berpendapat, saat ini ketersedian lapangan kerja sangat minim. “Lapangan kerja tidak mampu menampung (mempekerjakan) tenaga kerja, lebih-lebih tenaga kerja yang tidak terampil atau berpendidikan rendah,”ujar mantan Ketua Kadin Aceh ini. Kualitas tenaga kerja yang rendah ini, tambah Dahlan, disebabkan karena tingkat dan mutu pendidikannya sehingga tenaga kerja tidak mampu menyerap atau menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Salah satu solusinya adalah berikan mereka pelatihan kerja, kursus-kursus dan pendidikan nonformal lainnya, sehingga mereka punya skill,”terangnya.

Dahlan Sulaiman juga berharap optimalisasi peran Pemerintah Aceh dalam menciptakan iklim hubungan industrial, termasuk mengawasi perusahaan-perusahaan dan investor luar agar patuh terhadap ketentuan UU ketenagakerjaan. []

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Dukung Pencanangan Zona Integritas BPS

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan mendukung pencanangan zona integritas yang …