Home / Berita Terkini / Ummi Niazah: Hentikan kekerasan terhadap anak

Ummi Niazah: Hentikan kekerasan terhadap anak

Banda Aceh, 23-8-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh –  Anak-anak sebagai bagian yang terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan masa depan sebuah bangsa, mempunyai hak untuk kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Hal tersebut ditegaskan oleh Niazah A. Hamid dalam sambutannya sebagai Ketua Bunda PAUD dan Ketua Tim PKK Aceh pada acara Peringatan Hari Anak Nasional di Banda Aceh, Sabtu (22/8).

“Pada Peringatan Hari Anak Nasional kali ini sudah selayaknya kita memperkuat perhatian pada perkembangan dan perlindungan hak anak mengingat tingginya kekerasan dan eksploitasi terhadap anak di Indonesia,” kata Ummi Niazah.

Pemerintah menurut Ummi Niazah sudah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak, yang bertujuan untuk memangku semua kepentingan agar bersama-sama mencegah dan memberantas kejahatan terhadap anak. Salah satunya, dengan cara mewujudkan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak.

Dalam melaksanakan upaya perlindungan hak anak tersebut, Ummi Niazah mengatakan orangtua harus dapat mendidik dan membangun karakter anak yang berkualitas dan berakhlak mulia.

“Hal tersebut tercapai dengan meningkatkan mutu semua jenjang pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, yang merupakan bentuk pendidikan awal yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan anak,” jelas Ummi Niazah yang juga istri kepada Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah.

Ummi Niazah menambahkan, PAUD adalah penting bagi masa depan anak karena pola pendidikan ini sangat berperan mendorong anak tumbuh dan berkembang secara berkualitas, sehingga memiliki kesiapan memasuki pendidikan dasar.

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengembangkan PAUD di seluruh gampong, sehingga semua anak berkesempatan mendapatkan pembelajaran untuk mengasah dirinya sejak dini,” pungkasnya.

Acara Peringatan Hari Anak Nasional diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh berkerjasama dengan PAUD Aceh dan Tim PKK Aceh. Acara diisi dengan berbagai perlombaan anak-anak seperti lomba mewarnai, fashion show, pancing botol, lompat karung dan hafalan surat pendek.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A), Dahlia serta perwakilan SKPA dan instansi terkait lainnya.

Check Also

Sekda Instruksikan Jajaran RSUDZA Lebih Waspada Dan Disiplin

Banda Aceh – Di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) seluruh jajaran di Rumah …