Home / Berita Terkini / Universitas di Aceh Dituntut Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Universitas di Aceh Dituntut Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menegaskan komitmen mendukung kerja sama bidang pendidikan yang tercetus antara 24 kampus dari Indonesia – Malaysia dan Thailand pada akhir Mei 2017 lalu. Kerja sama yang kemudian melahirkan IMT-GT University Network (UNINET) tersebut merupakan salah satu cara dan upaya mendukung program prioritas pemerintah Aceh di bidang pendidikan. 

“Kami tentu berharap kerjasama ini dapat mendorong universitas yang ada di Aceh untuk lebih meningkatkan kualitasnya,” kata Asisten II Setda Aceh, T. Ahmad Dadek, saat menjamu peserta Workshop on Evaluation IMT-GT University Network Strategic Action Plan 2017-2021, di Pendapa Gubernur Aceh, Kamis 5/9 malam.

Dadek mengatakan, kerjasama itu, terlebih pada penguatan Sumber Daya Manusia sangat penting untuk dijadikan perhatian pemerintah Aceh mengingat begitu ketatnya persaingan di tingkat para pekerja untuk saat ini. “Karena itu, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu agenda IMT-GT, melalui kerjasama antara universitas selaku Iembaga yang mencetak SDM unggul,” kata dia.

Dadek menambahkan, setelah lebih dua tahun kerjasama tersebut terjalin, berbagai program yang telah dijalankan perlu untuk dievaluasi. Hal itu untuk melihat sejauh mana progres yang telah dilakukan, kendala yang dihadapi, di samping juga untuk mendorong agar kerjasama itu lebih fokus menyentuh bidang-bidang yang sesuai tuntutan zaman.

Karena itu pemerintah Aceh, kata Dadek, menyambut baik pelaksanaan workshop tersebut. “Kemajuan pendidikan tinggi yang ada di daerah kami ini merupakan sebuah cita-cita kita bersama, terlebih lagi perkembangan ekonomi Aceh terus menunjukkan perbaikan,” katanya.

Apalagi, lanjut Dadek, pertumbuhan tenaga kerja terus meningkat yang sebagian besarnya merupakan alumnus perguruan tinggi. Hal itu menandakan minat generasi muda untuk belajar di perguruan tinggi yang kian besar. Karenanya perguruan tinggi diminta untuk terus berbenah. Dengan demikian SDM yang dihasilkannya memiliki daya saing tinggi untuk berkompetisi di tingkat global.

“Kerjasama IMT-GT UNINET ini kami harapkan bisa menjadi salah satu pendorong bagi kemajuan tersebut,” kata Dadek. []

Check Also

Pemerintahan Aceh Teken MoU Bersama Forbes DPR/DPD RI

JAKARTA — Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dan Ketua DPRA H. Dahlan Jamaluddin, …