Home / Berita Terbaru / Wagub Gelar Rapat Pengembangan Kawasan Strategis dan Khusus Gayo Alas

Wagub Gelar Rapat Pengembangan Kawasan Strategis dan Khusus Gayo Alas

Humas Aceh | 20 Des 2017

Takengon – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menggelar rapat terbatas membahas rencana pengembangan kawasan strategis dan khusus Gayo Alas di Kantor Bupati Aceh Tengah, Selasa (19/12/17). “Ini merupakan pertemuan ke tiga dalam mewujudkan gagasan percepatan pembangunan kawasan strategis dan  khusus Gayo Alas,” ujar nova dihadapan sejumlah wartawan usai rapat.

Pengembangan Kawasan Gayo Alas tersebut kata Nova merupakan sebuah konsep besar bertujuan untuk mempercepat pembangunan di wilayah penggunungan yang terdiri dari empat kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

“Entri pointnya adah Gayo Alas Mountain International Festival di proyeksikan akan digelar bulan september 2018,” ujar Nova.Inti dari kegiatan tersebut lanjut Nova, untuk mengangkat potensi yang paling kuat di wilayah pegunungan seperti agro industri, pariwisata dan sebagainya. “Jadi pintu masuknya tetap pariwisata dengan akar kebudayaan, tapi tujuanya mengangkat agro industri ke dunia international,” kata Nova.

Gayo Alas Mountain Internasional Festival kata Nova hanya triger atau titik launching. Kegiatan itu diharapkan mampu memberikan dampak positif jangka panjang untuk meciptakan lapangan kerja, membangkitkan agro industri di kawasan pegunungan sehingga membawa kesejahteraan kepada masyarakay Aceh Tengah.

Nova menjelaskan bahwa Gayo Alas sangat strategis karena juga berbatasan dengan Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe. Nantinya, supplu bahan pertanian, tenaga kerja, dan apapun yang dibutuhkan KEK Arun juga disuply daei kawasan tengah.

Menurut Nova, ada dua keuntungan pengembangan kawasan khusus gayo alas, disamping mendukung KEK Arun juga  untuk mengembangkan agro industri diwilayah tengah. Nova menyampaikan, Gagasan pengembangan Kawasan Strategis dan Khusus Gayo Alas sudah pernah disampaikan Pemerintah Aceh.

“Pasca kunjungan Presiden Joko Widodo ke Aceh Tengah beberapa Waktu lalu, mungkin beliau terkenang kembali sehingga ini memberikan arahan lamgsung melalui Kemenko Pemberdayaan Manusian dan Kebudayaan yang menjadi leading sektornya,” kata Nova.

Kemenko PMK kata Nova memerintahkan Pemerintah Aceh untuk merumuskan, membuat taskforce, perencanaan dan merancang Gayo Alas Mountain Internasional Festival.yang diharapakan akan mengangkat kesejahteraan kawasan Gayo dan Alas.

“Semua Kabupaten yang terlibat harus siap, terutama fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut,  karena disetiap Kabupaten akan digelar kegiatan sesuai dengan potensi yang dimiliki di daerah tersebut,” ujar Nova.

Sedangkan untuk pembukaan, nanti akan dilihat kembali fasilitas penunjuang disetiap kabupaten. “Nanti kita minta empat kabupaten yang terlibat untuk berembuk, bisa saja pembukaan dan penutupan dilaksanakan di Kabupaten yang berbeda,”.

Anggaran APBN kata Nova akan menjadi tulang punggung kegiatan tersebut. sedangkan APBA untuk kelembagaan dan APBK untuk operasional sehari-hari. “Tapi kita juga akan cari skema-skema lain, termasuk kemungkinan fund raising, dari BUMN, lembaga-lembaga internasional selama tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku,”.

Check Also

Gubernur Aceh: Islam Larang Keras Monopoli

BANDA ACEH – Islam sangat melarang adanya praktik-praktik ekonomi yang tidak sehat, tidak kompetitif, termasuk …