Home / NASIONAL / Wamenkeu: Tak masalah jika BBM subsidi menghilang di Jakarta

Wamenkeu: Tak masalah jika BBM subsidi menghilang di Jakarta

Banda Aceh | 08/11/2014 |

LOGO HUMASs

Jakarta [Humas Aceh] –Kementerian Keuangan memprediksi dampak penghilangan Bahan Bakar Minyak bersubsidi dari wilayah DKI Jakarta tak akan berpengaruh pada inflasi nasional. Memang ada kenaikan indeks harga konsumen, tapi lingkupnya terbatas.

“No problem. Inflasi ya saya pikir akan terlokalisasi (di DKI Jakarta),” kata Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di sela-sela Rapat Kerja Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Bank Indonesia di Manado, Sulawesi Utara, Senin (11/8).

Kalaupun pemerintah ingin meminimalisir dampak buruk kebijakan itu kepada kelompok masyarakat miskin, maka pemberian bantuan langsung harus dijalankan. Selain itu, konversi BBM ke gas wajin dijalankan beriringan.

Dengan demikian, Bambang percaya masyarakat percaya tidak terbebani karena premium dan solar hilang dari peredaran di Ibu Kota.

“Jadi meskipun harga BBM naik, angkutan umum dan barang pakai gas, sehingga tidak terlalu masalah,” ungkapnya.

Sebagai perbandingan, inflasi nasional tahun lalu bertambah 2 persen selepas ada penaikan harga jual premium dan solar. Bahkan khusus Juli 2013, inflasi menembus level tertinggi 3,29 persen.

Akhir pekan lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membuat aturan untuk semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk tidak menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi mulai Januari tahun depan.

Menurut Ahok, langkah tersebut untuk membantu pemerintah dalam mengurangi beban subsidi BBM yang mencapai Rp 300 triliun per tahun.

Ahok menegaskan aturan tersebut berlaku untuk seluruh SPBU yang ada di Jakarta. Apabila, SPBU tersebut masih menjual BBM subsidi maka, izin usaha SPBU tersebut akan dicabut.

“Kalau mereka masih jual, izin akan kita tarik. Ini merupakan cara untuk membantu pemerintah pusat mengurangi subsidi BBM dan untuk mencapai penghapusan subsidi BBM dalam waktu 3 tahun,” ungkap Ahok. [Merdeka.com -]

Check Also

Aceh Raih 2 Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional

Jakarta – Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Tamiang meraih penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional …