Home / PEMERINTAHAN / wartawan senior Asia dan Amerika berkunjung ke Humas Aceh

wartawan senior Asia dan Amerika berkunjung ke Humas Aceh

Banda Aceh | 09/08/2014|

LOGO-HUMASs1

 Banda Aceh [Humas Aceh] – Sebanyak 14 wartawan asing dari berbagai Negara mengunjungi kantor Humas Setda  Aceh Senin (8/9/2014)  pada pukul 10.00 WIB. Kunjungan yang disponsori oleh East-West Center, Hawaii tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman media terhadap agama dan pemerintahan.

Delegasi para wartawan disambut langsung oleh Kepala Biro Humas Setda Aceh, Murthalamuddin dan Kepala Bagian Pengelola Informasi dan Dokumentasi Biro Humas Setda Aceh, Dr. Mahyuzar.

Dalam kunjungan tersebut, Murthalamuddin menjelaskan peran pemerintah Aceh dalam menjalankan syariat Islam secara demokratis kepada seluruh masyarakat Aceh.

Beliau juga menepis beberapa tudingan media barat yang seringkali salah paham dengan pelaksanaan syariat di Aceh. Menurut Murthalamuddin syariat Islam di Aceh bukanlah bersifat ekstremis  atau radikal dan tidak dipaksakan kepada kaum non-muslim sebagaimana tudingan beberapa media barat. Akan tetapi syariat di Aceh merupakan proses pembelajaran bagi masyarakat Aceh untuk benar-benar mengkuti ajaran Islam sesuai dengan perintah Al-Qu’ran dan Hadis.

Salah satu peserta dari Iraq, Zeyad Nihad Al Zubaidi mengatakan sangat kagum dengan keindahan alam dan keramahan masyarakat Aceh  yang selama ini kurang di representasikan dalam media mainstream, terutama media internasional.

Zeyad memberi saran agar pemerintah memberikan perhatian yang lebih besar untuk promosi meida terhadap potensi keindahan alam dan masyarakatnya.

Rombongan wartawan terdiri dari berbagai Negara termasuk, Amerika Serikat, Inggris, Irak, Palestina, Malaysia, Singapura, India, Bangladesh dan Indonesia.

Dalam kunjungan selama 21 hari tersebut, para wartawan dibawa keliling mengunjungi beberapa kota termasuk yang mempunyai pengaruh besar terhadap masayarkat muslim dunia termasuk Washington D.C, Boston, Hawaii, Jakarta, Banda Aceh dan New Delhi.

Check Also

Pemerintah Aceh Buat Surat Edaran Manajemen Krisis Covid-19

Banda Aceh – Pemerintah Aceh mengeluarkan edaran tentang manajemen menghadapi dampak pandemi Covid-19. Surat edaran …