Home / Aceh Barat / Pemerintah Aceh Akhiri Safari Ramadhan di Pantai Barat Selatan

Pemerintah Aceh Akhiri Safari Ramadhan di Pantai Barat Selatan

Banda Aceh, 6 -7-2015 | Humas Aceh

Blangpidie – Pemerintah Aceh menurunkan Tim Safari Ramadhan 1436 Hijriyah ke Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Aceh Selatan, sejak 1 hingga 2 Juli 2015.

Safari Ramadhan yang digelar di pantai Barat-Selatan Aceh itu sekaligus mengakhiri agenda Safari Ramadhan yang digelar di 23 Kabupaten dan Kota di Aceh.

Koordinator Tim Safari Ramadhan pantai Barat-Selatan Aceh, Drs. Hasanuddin Darjo, MM, yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan Aceh, dalam hal ini diwakili Kepala UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Zulkarnaini, mengatakan, tim yang dibagi 3 kelompok ini berceramah agama seusai shalat tarawih.

“Selain berceramah, Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh juga menyampaikan salam pak Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh kepada jamaah tarawih di masing-masing masjid,” katanya.

Kata dia, dalam pertemuan itu Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh turut menyerap aspirasi masyarakat di masjid yang dikunjunginya itu dengan melakukan diskusi dengan jamaah Tarawih di masing-masing masjid.

“Tidak tertinggal pula Tim Safari Ramadan Pemerintah Aceh tahun 2015 serta merta menyampaikan visi dan misi Gubernur Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Muzakir Manaf hingga pembangunan Aceh kepada masyarakat,” kayanya.

Ia menyebutkan, Tim Safari Ramadhan 1436 Hijriyah Pemerintah Aceh diturunkan ke 23 kabupaten/kota mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2015, yang dilepas Sekda Aceh, Drs. Dermawan atas nama Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, di aula Serba Guna Setda Aceh, Banda Aceh, Selasa, 23 Juni lalu.

“Tim Safari Ramadan dikoordinatori Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) dan Kanwil Kemenag Aceh, serta melibatkan Kepala Biro, unsur ulama, cendikiawan, tokoh masyarakat, penceramah, imam, dan unsur pendamping dari Biro Isra Setda Aceh,” sebut dia.

Dijelaskan dia, Safari Ramadan tahun ini mengusung tema “Memakmurkan masjid”. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat untuk meningkatkan aktivitas keagamaan di masjid-masjid.

“Tingkatkanlah aktivitas pengajian-pengajian, tadarus dan shalat berjamaah di masjid. Sehingga, tema yang kita usung pada Safari Ramadhan 1436 Hijriyah tahun ini dapat terealisasi dengan sempurna,” terangnya seraya meminta.

Ia menambahkan, dalam kesempatan itu Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh juga membawa bantuan Pemerintah Aceh senilai Rp15 juta untuk setiap masjid yang didatangi.

“Rincian bantuan Rp 15 juta per masjid itu untuk insentif dua imam masing-masing Rp1,5 juta, insentif dua muazin masing-masing Rp1 juta, insentif khadam masing masing-masing Rp1 juta, insentif tadarus masing-masing Rp150 ribu untuk 15 orang, insentif penceramah masing-masing Rp 150 ribu untuk 29 orang, dan satu paket alat kebersihan senilai Rp 1.400.000, termasuk untuk bola lampu masjid,” rincinya menambahkan.

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …