Home / Berita Terbaru / 5 Pesan Gubernur Aceh sebagai lumbung pangan Nasional

5 Pesan Gubernur Aceh sebagai lumbung pangan Nasional

Banda Aceh, 11-9-2015 |Humas Aceh

Blangpidie – Pemerintah Aceh akan berupaya menjadi Aceh sebagai lumbung pangan Nasional, ” Kita bahkan menargetkan pada tahun 2017 Aceh menjadi wilayah dengan predikat lumbung pangan nasional ” ujar Gubernur.

hal itu disampaikan Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Bidang Keistimewaan, Pembangunan dan Ekonomi Sekretaris Daerah Aceh, Azhari Hasan saat me-launching Gerakan Peumakmue Nanggroe sekaligus melakukan Panen Raya MT Gadu 2015 di Gampong Lhueng Tarok, Blangpidie, Aceh Barat Daya, Kamis (10/9).

Gubernur Aceh dalam teks pidatonya mengatakan, Pemerintah Aceh akan terus berupaya menjadikan sektor pertanian sebagai pilar utama pembangunan daerah, tentunya dengan upaya khusus yang bisa meningkatkan hasil pertanian. Untuk itu Gubernur Aceh menyampaikan Lima pesan agar  Aceh  dapat sebagai lumpung pangan Nasional :

  1. Manfaatkan semua lahan-lahan terlantar agar proses ekstensifikasi lahan pertanian bisa ditingkatkan, di samping program intensifikasi yang sudah berjalan;

  2. Optimalkan peran penyuluh secara maksimal;

  3. Alih fungsi lahan agar dapat dikendalikan dengan baik, sehingga tidak ada lahan pertanian yang terkena dampaknya;

  4. Dewan ketahanan pangan bersama unsur terkait lainnya agar memperkuat koordinasi dan pembenahan lembaga dalam mengimplementasikan Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) agar target pembangunan ketahanan pangan Aceh bisa kita capai;

  5. Tingkatkan kerjasama dan koordinasi dengan kelompok tani, sehingga setiap persoalan yang dihadapi petani dapat diselesaikan bersama-sama.

Check Also

Sebanyak 449 Orang Divaksin Covid-19 Pada Hari ke-69 Vaksinasi Massal

BANDA ACEH – Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, menyebutkan pada hari …