Home / Berita Terbaru / Aceh Sangat Toleran dengan Agama Lain

Aceh Sangat Toleran dengan Agama Lain

Banda Aceh, 24-7-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh – Kegiatan Silaturrahmi pangdam Iskandar Muda dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh, yang digelar di Balai Teuku Umar, Markas Kodam Iskandar Muda, (Kamis, 23/7/2015), juga dilakukan  diskusi yang dipandu oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Aceh, H Nasir Zalba, pada kesempatan tersebut para tokoh agama menyatakan, bahwa Aceh adalah daerah yang sangat toleran dalam kehidupan antar umat beragama.

Diskusi yang memberi kesempatan pada seluruh tokoh agama  untuk menyampaikan testimoni, terkait kerukunan kehidupan antar umat beragama di Aceh menyatakan, di wilayah paling barat Indonesia ini, kehidupan antar umat beragamanya sangat harmonis dan saling menghormati.

“Saya adalah generasi kelima yang telah hidup di Aceh, sejak dahulu saya tidak pernah mendengar ada konflik yang mengatasnamakan agama terjadi di Aceh,” terang Yuswar, selaku Pemuka Agama Budha yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Yuswar menjelaskan, Bahkan ketika banyak orang takut dan ragu dengan dilaksanakannya Syari’at Islam di Aceh, dirinya justru mengkampanyekan bagaimana damai dan rukunnya kehidupan antar umat beragama di Aceh.

“Saya pergi ke Malaysia, ke Taiwan dan beberapa negara lainnya, banyak masyarakat yang ragu dengan pelaksanaan Syari’at Islam. Namun setelah saya jelaskan mereka baru memahami bagaimana rukunnya kehidupan disini” tambah Yuswar.

Dalam kesempatan tersebut, Yuswar juga meminta kepada Pemerintah Aceh dan semua pihak agar mengakampanyekan kerukunan hidup antar umat beragama di Aceh ke dunia luar.

“Ini penting, agar Aceh bisa menjadi model bagi dunia luar, dalam hal kerukunan kehidupan antar umat beragama.”

Kegiatan yang digagas oleh Kodam Iskandar Muda dan Pemerintah Aceh melalui Badan Kesbangpolinmas Aceh ini turut dihadiri oleh Paduka Yang Mulia Wali nanggroe, Malik Mahmud Al-Haytar, Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Husein Hamidi, Wakil Ketua DPRA, Dalimi, SE, perwakilan Kajati Aceh.

Beberapa tokoh Aceh juga terlihat hadir, diantaranya Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Aceh, Prof Hasbi Aminuddin, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Prof Yusni Sabi, Buya Imam Syuja’I, serta beberapa tokoh Aceh lainnya.

Sementara itu dari para anggota Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) juga terlihat hadir, diantaranya, Ketua FKUB Aceh, Zainuddin Ahmad, Pemuka Agama Budha, Yuswar, Pemuka Agama Protestan, Pdt, Drh Idaman Sembiring, Pemuka Agama Katholik, Pastor Hermanus, Pemuka Agama Hindu, Paini.

Beberapa ormas dan organisasi kepemudaan juga terlihat hadir pada acara tersebut, diantaranya KNPI, BKPRMI, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila, dan beberapa organisasi lainnya. (Ngah)

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Dukung Pencanangan Zona Integritas BPS

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan mendukung pencanangan zona integritas yang …