Home / Berita Terkini / Pangdam IM: Jangan Mudah di Adu Domba

Pangdam IM: Jangan Mudah di Adu Domba

Banda Aceh, 24-7-2015 | Humas Aceh

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Agus Kriswanto, berharap agar para tokoh agama Aceh dapat memberikan pernyataan yang menyejukkan, bukan hanya bagi Aceh tetapi juga bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut disampaikan olehPangdam Iskandar Muda dalam sambutan singkatnya pada kegiatan Silaturrahmi pangdam Iskandar Muda dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh, yang digelar di Balai Teuku Umar, Markas Kodam Iskandar Muda, (Kamis, 23/7/2015).

“Masyarakat harus cerdas menyikapi isu-isu yang berkembang yang dapat memecahbelah persatuan. Kami harap para tokoh agama dapat memberikan pernyataan yang menyejukkan keadaan, sehingga kita terhindar dari upaya adu domba, dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” ujar Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan, kerukunan beragama di Aceh justru terjadi saat lebaran. Saat jembatan di kawasan Kruang Sabee putus, para prajurit yang beragama non Islam yang membuat jembatan Bailey.

“Di Aceh, justru kerukunan antar umat beragama terjalin dengan baik. Prajurit saya yang non-Muslim yang telah membangun jembatan disana sehingga masyarakat yang mudik dapat kembali melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman masing-masing.

Pangdam menambahkan, dalam waktu dekat, Dan Rindam IM, Kol Inf Sugiono akan diangkat menjadi Danrem Tolikara, Papua.

“Kamu harus menyampaikan pesan perdamaian dan mengkampanyekan bagaimana kehidupan antar umat beragama yang sangat rukun di Aceh ini. Sebagai prajurit Sanggamara kamu harus menyampaikan hal ini. Ini tugas tambahan untuk kamu,” ujar Pangdam kepada Kol Inf Sugino, disambut tawa para hadirin yang memadati Balai Teuku Umar.

“Siap Laksanakan,’ jawab Kol Inf Sugiono singkat.

Kegiatan yang digagas oleh Kodam Iskandar Muda dan Pemerintah Aceh melalui Badan Kesbangpolinmas Aceh ini turut dihadiri oleh Paduka Yang Mulia Wali nanggroe, Malik Mahmud Al-Haytar, Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Husein Hamidi, Wakil Ketua DPRA, Dalimi, SE, perwakilan Kajati Aceh.

Beberapa tokoh Aceh juga terlihat hadir, diantaranya Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Aceh, Prof Hasbi Aminuddin, Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Prof Yusni Sabi, Buya Imam Syuja’I, serta beberapa tokoh Aceh lainnya.

Sementara itu dari para anggota Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) juga terlihat hadir, diantaranya, Ketua FKUB Aceh, Zainuddin Ahmad, Pemuka Agama Budha, Yuswar, Pemuka Agama Protestan, Pdt, Drh Idaman Sembiring, Pemuka Agama Katholik, Pastor Hermanus, Pemuka Agama Hindu, Paini.

Beberapa ormas dan organisasi kepemudaan juga terlihat hadir pada acara tersebut, diantaranya KNPI, BKPRMI, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila, dan beberapa organisasi lainnya.

Check Also

Plt Gubernur Terima Kunjungan Petugas Kesehatan

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menerima kunjungan belasan petugas kesehatan lintas …