Home / Berita Terkini / Beri Dukungan Moril, Wagub Kunjungi Dayah Darussalam

Beri Dukungan Moril, Wagub Kunjungi Dayah Darussalam

Humas Aceh | 2 Juli 2016

Aceh Selatan – Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf, berkunjung ke Dayah Darussalam Al-Wali, Labuhan Haji. Sebagaimana diketahui, Dayah tertua di Aceh ini mengalami kebakaran hebat pada Kamis (23/6) malam yang mengakibatkan tiga blok rangkang atau sebanyak 150 unit bilik para santri ludes dilalap si jago merah.

Untuk diketahui bersama, Dayah Darussalam Al-Wali didirikan oleh salah seorang ulama karismatik Aceh, yaitu Syeikh H Muhammad Wali Al-Khalidy. Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab terbakarnya ratusan rangkang milik para santri tersebut, Jum’at (1/7/2016).

Tiba di kompleks Dayah Darussalam, Wakil Gubernur Aceh diterima langsung oleh Abuya Mawardi dan Sekretaris Dayah, Wardiyati, yang merupakan anak dari Abuya Djamaluddin Waly.

Dalam kunjungan tersebut, pria yang akrab disapa Mualem itu menyerahkan sejumlah dana tanggap darurat. Selain itu, Mualem juga menyerahkan bantuan mukena dan baju koko serta 25 kotak Korma kepada pengurus Dayah Darussalam.

“Sebahagian dana ini merupakan titipan dari Bupati Aceh Utara, H Muhammad ThaibM sedangkan sebahagian yang lain adalah dari saya. Semoga dapat membantu meringankan beban para pengurus Dayah Darussalam,” kata Wagub.

Usai menyerahkan bantuan, Mualem didampingi pengurus Dayah berziarah ke Makam Syeikh H Muhammad Wali Al-Khalidy, yang lahir pada tahun 1917 dan wafat pada tahun 1961. Selanjutnya Mualem menuju ke lokasi rangkang siswa yang terbakar.

Selalu Ada Hikmah di Balik Musibah

Sementara itu, saat bersilaturrahmi dengan ratusan Jama’ah Sulok yang memadati Masjid Dayah Darussalam, Muzakir Manaf meminta agar para santri dan pengurus dayah agar tetap tabah dan selalu berprasangka baik saat menghadapi cobaan dari Allah.

“Selalu ada hikmah dibalik musibah. Insya Allah, dengan izin Allah kita akan semakin kuat dan selalu mengambil pembelajaran dari setiap musibah yang terjadi, sehingga limpahan rahmat Allah akan selalu kita dapatkan,” ujar Wagub.

Dalam sambutannya, wagub juga menegaskan, bahwa program penguatan pendidikan keagamaan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Aceh.

“Kita sangat memprioritaskan pendidikan agama. Insya Allah, kita akan membantu pembangunan kembali bilik santri yang terbakar ini. Selain itu, beberapa sarana kebersihan juga akan kita perbaiki,” tambah Wagub.

Mualem mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Aceh Selatan dengan menghadiri acara Buka Puasa Bersama dengan Pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Aceh Selatan dan para Ulama Dayah se-Kabupaten Aceh Selatan. Kegiatan yang turut dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, T Sama Indra ini dipusatkan di Markaz Perti Aceh Selatan.

Check Also

Tiga Kabupaten di Aceh Nihil Korban Covid-19

Banda Aceh—Korban infeksi virus corona, penyebab Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah terdapat di 20 kabupaten/kota …