Home / LINTAS ACEH / Besok, Gubernur Buka MTQ Korpri Tingkat Nasional

Besok, Gubernur Buka MTQ Korpri Tingkat Nasional

Banda Aceh | 08/19/2014

Banda Aceh – Gubernur Aceh direncanakan akan memimpin langsung pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional II, yang akan dilaksanakan selama seminggu (19-24/8) di banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Murthalamuddin. “Insya Allah Gubernur Zaini Abdullah akan membuka secara resmi MTQ Korpri Tingkat Nasional II, pada Selasa (19/8) malam,” terang Murthala.

MTQ Korpri Tingkat Nasional II akan diisi dengan beberapa cabang perlombaan, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilul Al-Qur’an, Musabaqah Khattil Al-Qur’an serta Musabaqah Da’yah.

“Selain perlombaan kegiatan (MTQ) juga akan diisi dengan Seminar Nasional yang mengangkat tema Merekonstruksi Nilai-nilai Qur’ani dalam Penegakan Syariat, yang dipusatkan di Anjong Mon Mata. Selain seminar juga akan ada Expo dan yang tidak kalah menarik tentu saja Wisata Kota.”

Karo Humas itu menambahkan, pada saat acara berlangsung, setidaknya Aceh akan kedatangan lebih dari 800an tamu yang berasal dari 33 provinsi dari seluruh Indonesia. Hal tersebut merupakan potensi yang baik untuk mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki Aceh.

“Masyarakat Aceh harus mampu menjadi tuan rumah yang baik, agar para tamu yang datang nantinya merasa nyaman dan rindu untuk kembali mengunjungi Aceh lagi.”

Lokasi untuk pelaksanaan MTQ Korpri akan dilaksanakan di tiga tempat berbeda, yaitu di halaman Masjid Raya Baiturahman sebagai tempat pembukaan dan penutupan MTQ, sekaligus tempat perlombaan cabang Musabaqah Tilawatil Quran.

Selanjutanya Taman Sari, untuk perlombaan cabang Musabaqah Khattil Quran dan Musabaqah Daiyah, serta Auditorium Kantor Wilayah Kementerian Agama untuk perlombaan cabang Musabaqah Tahfiz Quran.

“Rangkaian acara MTQ Korpri yang mengangkat tema, ‘Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran Korpri Menuju Birokrasi yang Bersih dan Bermartabat Sesuai Tuntunan Al-Qur’an’ ini sudah akan dimulai nanti malam, yaitu Malam Ta’ruf dan pelantikan Dewan Hakim, di Anjong Mon Mata. Acara akan dirangkai dengan makan malam bersama dan pertunjukan seni Islami,” pungkas Murthalamuddin.

Berikut ini adalah rangkaian acaryang akan mengisi MTQ Korpri Tingkat Nasional II;

  • Malam Ta’ruf dan Pelantikan Dewan Hakim: Senin, 18/8, pukul 19:30 WIB, di Anjong Mon Mata.
  • Acara Pembukaan: Selasa, 19/8, pukul 20:30 WIB, di Halaman Masjid Raya Baiturrahman.
  • Seminar, Sabtu, 23/8, pukul 08:00 WIB, di Anjong Mon Mata Banda Aceh.
  1. Narasumber I: Prof DR H Nasaruddin Umar MA (Wakil Menteri Agama RI), judul: Internalisasi nilai-nilai Qur’ani dalam mewujudkan Insan Birokrasi yang amanah dan Transparan.
  2. Narasumber II: Prof DR H Sayid Agil Husin Al-Munawar MA (Dosen Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta), Judul: Revitalisasi Syari’atIslam dalam Negara bangsa yang pluralism sesuai Al-Qur’an
  3. Narasumber III: Prof DR H Syahrizal Abbas MA (Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh), Judul: Implementasi Syari’at Islam di Aceh sejalan dengan prinsip-pronsip Al-Qur’an.
  • Acara Penutupan, Minggu, 24/8, pukul 20:30 WIB, di Halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Check Also

Ikut Zikir dan Doa dari UPTD Dinas Pertanian, Sekda Sapa Guru dan Murid SLB Se-Aceh

BANDA ACEH–Zikir dan doa untuk keselamatan pandemi, yang digelar secara rutin oleh Pemerintah Aceh terus …