Home / LINTAS ACEH / Gubernur Sampaikan Pertanggungjawaban APBA 2013

Gubernur Sampaikan Pertanggungjawaban APBA 2013

Banda Aceh | 08/19/2014

Realisasi Anggaran Pendapatan sebesar Rp. 10,67 triliun atau 101,91 persen dari target yang direncanakan.

Banda Aceh – Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun anggaran 2013, di hadapan para anggota dewan di ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Rapat Paripurna kedua masa persidangan I tahun 2014 dipimpin langsung oleh Ketua DPRA Hasbi Abdullah yang didampingi oleh Muhammad Tanwier Mahdi dan Sulaiman Abda selaku Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRA, Senin (18/8/2014)

Dalam laporannya, Gubernur menyampaikan, sesuai dengan Qanun Aceh nomor 6 tahun 2013 dengan Anggaran Pendapatan Aceh sebesar Rp. 10,47 triliun, dan anggaran belanja sebesar Rp. 12,39 triliun.Dana tersebut digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan maupun belanja pelayanan publik dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pada Tahun Anggaran 2013 realisasi Anggaran Pendapatan sebesar Rp. 10,67 triliun atau 101,91 persen dari target yang direncanakan sebesar Rp. 10,47 triliun,” terang Gubernur.

Gubernur menjelaskan, berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan, dana perimbangan direncanakan pada tahun 2013 sebesar Rp 2,56 triliun, diterima melebihi yang direncanakan, yaitu sebesar Rp. 2,67 triliun.

“Kelebihan tersebut disebabkan adanya penerimaan DBH (Dana Bagi Hasil-red) Migas triwulan IV Tahun Anggaran 2012, kurang bayar DBH cukai hasil tembakau Tahun Anggaran 2011, serta DBH minyak bumi dalam rangka Otsus Tahun Anggaran 2012. Sementara itu, dana otonomi khusus, penerimaannya sesuai dengan rencana yaitu sebesar Rp. 6,22 triliun.”

Gubernur menambahkan, APBA sebagai rencana keuangan tahunan daerah merupakan landasan operasional bagi pelaksanaan program.

“Alhamdulillah pada Tahun Anggaran 2013, program dan kegiatan yang telah direncanakan pada setiap SKPA telah dapat direalisasikan seluruhnya dengan realisasi keuangan rata-rata di atas 90 persen,” pungkas Gubernur.

Rapat Paripurna tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda), Sekda Aceh dan seluruh Kepala SKPA dan perwakilan Ormas dan LSM.

Badan Anggaran mengapresiasi.

Sementara itu, Badan Anggaran (Banggar) DPRA mengapresiasi kinerja Pemerintah Aceh dalam tahun anggaran 2013. Hal tersebut disampaikan oleh Nurlelawati selaku anggota Banggar, saat membacakan pendapat Banggar DPRA terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBA 2013.

“Kami berharap agar tim anggaran Pemerintah Aceh secara bersinergi mengawal pengelolaan anggaran Aceh, sehingga kedepannya Aceh akan mendapatkan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI,” pungkas Nurlela.

Check Also

Gubernur Nova Ingatkan Badan Publik di Aceh agar Terbuka Terhadap Kritik

BANDA ACEH–Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengingatkan seluruh badan publik di Aceh, agar membuka diri terhadap …