Home / Berita Terbaru / Buka Pameran Hari Nusantara, Gubernur ingin Aceh jadi poros maritim Indonesia

Buka Pameran Hari Nusantara, Gubernur ingin Aceh jadi poros maritim Indonesia

Banda Aceh, 10-12-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh – Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah secara resmi membuka Pameran Nusantara 2015 yang berlansung di Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh, Rabu (9/12).

Dalam sambutannya, Gubernur menyatakan Aceh harus dapat menempatkan dirinya kembali menjadi poros maritim Indonesia di Asia Tenggara seperti masa kegemilangan Kerajaan Aceh sejak abad ke-16.

“Fakta sejarah menunjukkan bahwa kejayaan maritim nusantara dipengaruhi oleh Kerajaan Aceh yang memberi perhatian penting kepada potensi kemaritiman termasuk Selat Melaka,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, peringatan Hari Nusantara di Aceh pada kali ini harus dapat menanamkan kembali pemahaman Wawasan Nusantara kepada masyarakat, termasuk sumber daya alam kelautan dan potensi di dalamnya.

Aceh dengan kawasan perairan laut yang luas kata Gubernur, mempunyai potensi maritim yang sangat baik jika semua pihak dapat mengelolanya dengan optimal.

“Sebagai bangsa maritim, Aceh telah melahirkan seorang laksamana wanita pertama di dunia yang cukup disegani sebagai pemimpin armada perang angkatan laut, yaitu Malahayati,” ujarnya.

Perjuangan Malahayati menurut Gubernur harus dapat menjadi kepada rakyat Aceh dalam membuktikan perjuangannya mempertahankan harga diri bangsa dan mengembangkan potensi sumber daya maritim yang ada demi kesejahteraan rakyat dan kedaulatan bangsa.

Gubernur mengatakan peringatan Hari Nusantara seharusnya tidak hanya sekedar seremonial, tetapi harus dapat membangkitkan kembali semangat Deklarasi Djuanda pada 58 tahun lalu untuk merajut dan memperkuat kembali Indonesia dalam sebuah kesatuan yang utuh di bawah bingkai NKRI.

Acara pameran Nusantara Expo merupakan serangkaian dari acara Hari Nusantara disamping acara lainnya yaitu, Launching Hari Nusantara/World ocean Day, Pemilihan Putra/Putri Bahari, peresminan pembangunan infrastruktur maritim, aneka Lomba Kebaharian, Latihan Gabungan TNI dan Khanduri Laot.

Turut hadir dalam acara tersebut Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Agus Kriswanto, perwakilan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM dan para asisten serta para Kepala SKPA lainnya.

Check Also

Sekda: Mari Sukseskan Vaksinasi Siswa

SUBULUSSALAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, mengajak seluruh jajaran dunia pendidikan, terutama pihak sekolah, …