Home / Berita Terkini / Gafatar Tersebar dari Aceh – Maluku

Gafatar Tersebar dari Aceh – Maluku

Humas Aceh | 20 Jan 2016

JAKARTA – Keberadaan organisasi kemasyarakatan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tersebar mulai dari Aceh hingga Maluku. Bahkan sejak pertama kali keberadaannya di Aceh, dibubarkan tahun 2009 lalu, kelompok ini terus mengembangkan sayap di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Menurut laporan yang kami terima mulai Aceh-Maluku. Awalnya (kelompok ini menamakan diri) Al Qidayah Al Islamiyah. Kemudian menjadi Komar (Komunitas Millah Abraham),” kata Dirjen Polpum Kemendagri, Soedarmo seperti dikutip JPNN.com, Rabu (20/1).

Saat ditanya berapa jumlah anggota Gafatar dan provinsi mana saja yang menjadi basis keberadaan kelompok ini, Soedarmo mengaku belum tahu persis. Namun ia memperkirakan kemungkinan cukup banyak di tiap daerahnya.

“Saya tidak tahu persis berapa provinsi mereka daftar. Yang jelas kemarin muncul daerah Jambi, di Jateng juga banyak termasuk di daerah-daerah lain,” ujarnya.

Soedarmo juga menjelaskan, anggota Gafatar tidak hanya terdiri dari warga masyarakat yang sebelumnya memeluk agama Islam. Namun juga masyarakat yang memeluk agama-agama lain. Kini mayoritas pengikut Gafatar telah menyatakan sikap ingin kembali ke ajarannya semula.

“Nah saat pertemuan di Mempawah (Kalimantan Barat) dari hasil pertemuan mereka otomatis mau kembali ke ajaran yang benar. Gafatar tidak hanya agama Islam, yang Kristen juga ada,” ujar Soedarmo.

Sumber : www.kemendagri.go.id

Check Also

Dyah Erti Luncurkan Rumoh Gizi di Pedalaman Aceh Timur

Humas Aceh|18 September 2019 Aceh Timur – Wakil Ketua TP PKK dan Dekranasda Aceh Dyah Erti …