Home / Berita Terbaru / Gubernur Aceh Silaturrahmi dengan Ribuan Masyarakat Aceh Tengah

Gubernur Aceh Silaturrahmi dengan Ribuan Masyarakat Aceh Tengah

Humas Aceh | 29 Feb 2016

Aceh Tengah – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah menggelar temu ramah dengan ribuan masyarakat dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah. Tak ingin menjadi pertemuan biasa, pria yang akrab disapa Doto Zaini itu menjadikan momen tersebut sebagai sarana untuk menjaring sumbang saran dan masukan dari masyarakat serta menyampaikan berbagai program kerja Pemerintah Aceh yang selama ini telah bergulir di bawah kepemimpinannya.
Pertemuan yang berlangsung dengan suasana penuh keakraban itu dipusatkan di Gedung Olahraga dan Seni Aceh Tengah Tengah.
“Aceh Tengah adalah kampung ketiga saya,” ujar Doto Zaini membuka sambutannya. “Hal ini yang membuat saya merasa begitu dekat dengan daerah ini. Saat saya berada di luar negeri, salah satu hal yang membuat saya begitu rindu dan mengingat Aceh adalah suasana Dataran Tinggi Gayo. Setiap saya berada diatas udara Swedia, saya selalu berujar, ini adalah Gayo-nya Eropa,” sambung Zaini.
Gubernur mengungkapkan, rasa kedekatan itu pula yang membuat dirinya langsung menyusun berbagai program yang berkaitan dengan pengembangan pembangunan sarana dan prasarana di Aceh Tengah.
“Usai dilantik, sebagai Gubernur Aceh, saya langsung mengumpulkan beberapa staff untuk menyusun program-program strategis yang berkaitan dengan pembangunan wilayah tengah Aceh ini.. Hal tersebut semata saya lakukan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Aceh Tengah yang kita cintai ini,” ujar Gubernur.
Pembangunan Rumah Sakit Regional
Salah satu yang menjadi konsentrasi Doto Zaini adalah pembangunan lima unit Rumah Sakit Regional di Aceh. Namun, sejumlah hal yang berkaitan dengan benturan regulasi mengakibatkan pembangunan rumah sakit tersebut terhambat.
“Kita meminta lima unit Rumah Sakit Regional dibangun di Aceh, namun pusat hanya mengabulkan tiga unit saja. Meskipun demikian, saya tetap berkomitmen untuk membangun lima unit. Dua unit lainnya akan kita bangun dengan menggunakan dana APBA,” tegas lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara itu.
Luasnya wilayah Aceh menjadi salah satu alasan Doto Zaini untuk membangun lima rumah sakit regional di Aceh. Membludaknya jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin membuktikan bahwa fasilitas Rumah Sakit di kabupaten/kota belum mampu memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada masyarakat Aceh secara keseluruhan.
“Keberadaan Rumah Sakit Regional dengan fasilitas yang sama seperti yang dimiliki RSUZA, akan mengurangi angka antrian di RSUZA, sehingga para pasien akan lebih cepat etrtangani oleh dokter,” lanjut Doto Zaini.
Rembele, Bandara Terbesar Kedua di Aceh Setelah Bandara SIM
Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga menyambut baik perluasan dan diperpanjangnya landasan pacu Bandara Rembele. Dengan diperpanjangnya landasan pacu bandara Rembele, maka bandara tersebut maka pesawat berbadan besar jenis boeing 737 dapat mendarat.
“Rembele adalah bandara terbesar kedua di Aceh setelah Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang Aceh Besar. Perluasan ini kita harapkan dapat menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Dataran Tinggi Gayo. Besok, bandara ini akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.”
Tidak hanya dalam bidang pembangunan, Pemerintah Aceh juga telah menyesuaikan sistem ekonomi dan perbankannya menjadi Syari’ah. Bank Aceh dan Bank BPR Mustaqim pada bulan Agustus tahun ini akan dikonversi menjadi Bank Aceh Syari’ah dan Bank BPR Mustaqim Syari’ah.
“Dengan dikonversinya kedua Bank ini, maka kita berharap sistem perbankan di Aceh lebih Islami dan sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh hukum Islam.”
Sejumlah tokoh Aceh Tengah terlihat dalam pertemuan tersebut, diantaranya DR Tgk H Mahmud Ibrahim, Radiati dan Zuhrupan Daman.

Check Also

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis

Idi-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis pada hari Rabu (11/082022) di …