Home / Berita Terkini / Gubernur berharap Zakat dapat mengurangi angka kemiskinan

Gubernur berharap Zakat dapat mengurangi angka kemiskinan

Banda Aceh, 3-7-2015 | Humas Aceh

Montasik – Pemerintah Aceh melalui Baitul Mal Aceh menyalurkan Zakat Paket Ramadhan kepada empat ribu Mustahik di dua ratus Gampong se-Aceh Besar. Pembagian santunan dipusatkan di Masjid Al-Jihad, Gampong Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, (Kamis, 2/7/2015). Dalam kesempatan tersebut Gubernur  mengimbau agar Baitul Mal Aceh dan dinas terkait dapat membangun sinergitas, agar program bantuan, pelayanan dan pemberdayaan fakir miskin dapat kita lakukan secara efektif sehingga dapat memberikan kontribusi langsung pada pengurangan angka kemiskinan di Aceh.

“Bagi kita di Aceh, Baitul Mal adalah lembaga resmi yang ditunjuk untuk menampung, mengumpulkan dan mendistribusikan zakat, infak dan sedekah dari masyarakat kepada siapa pun yang berhak menerimanya, sesuai tuntunan agama,” terang Gubernur.

Gubernur juga menekankan, sebagai daerah yang memberlakukan Syariat Islam, maka zakat harus dijadikan sebagai salah satu langkah untuk mengurangi angka kemiskinan di Aceh.

“Kita tentu saja berharap agar di masa yang akan datang, bukan semata-mata meningkatkan jumlah penerimaan zakat, melainkan juga dapat mengurangi angka penerima zakat secara signifikan.”

Terkait hal ini, Pemerintah Aceh memberi perhatian besar terhadap solusi masalah-masalah sosial yang dihadapi masyarakat fakir dan miskin.

Selain bantuan ini, Baitul Mal Aceh juga masih memiliki banyak program pemberdayaan ekonomi seperti zakat produktif, yaitu pemberian modal usaha kepada keluarga miskin yang punya usaha dan mau berusaha keluar dari kemiskinan.

Bahkan, Baitul Mal Aceh punya program santunan fakir-uzur seumur hidup yang diberikan setiap bulannya, pemberian beasiswa penuh tahfiz Quran, beasiswa penuh anak muallaf dan masih banyak program Baitul Mal Aceh yang fokus terhadap pemberdayaan ekonomi dan pendidikan.

“Terakhir, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh, mari sucikan harta kita dengan menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah,  melalui Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal di daerah masing-masing,”pungkas Gubernur.

Check Also

Tari Didong dan Rapai Pase Hentak Plaza Balai Kota Bogor

BOGOR — Tari Didong dan Rapai Pase menghentak Plaza Balai Kota Bogor, Jawa Barat, pada …