Home / Berita Terbaru / Penjabat Gubernur Aceh Hadiri Pembukaan Diklat Kebangsaan Lemhanas RI untuk Pejabat Aceh
Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, foto bersama Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto beserta peserta Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan yang diikuti Pejabat Eksekutif dan Legislatif Pemerintah Aceh Tahun 2023 yang diselenggarakan Lemhanas RI, di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Senin (16/1/2023).

Penjabat Gubernur Aceh Hadiri Pembukaan Diklat Kebangsaan Lemhanas RI untuk Pejabat Aceh

BANDA ACEH— Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, menghadiri pembukaan kegiatan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan yang digelar oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI, di Hotel Grand Nanggroe, Senin (16/1/2023).

Deputi Bidang Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas RI, Edi Sucipto, mengatakan, peserta kegiatan tersebut berjumlah 200 orang. Terdiri dari angkatan pertama sebanyak100 orang pejabat eksekutif setingkat eselon 2 dari pemerintah kabupaten/kota se-Aceh. Sementara 100 peserta lagi angkatan kedua dari pejabat legislatif di DPRA dan seluruh Kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA).

“Kegiatan berlangsung 14 hari, angkatan pertama mulai 16 sampai 22 Januari dan angkatan kedua 23 hingga 29 Januari,” kata Edi.

Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto, mengatakan, kegiatan yang digelar pihaknya itu bertujuan untuk memberikan penguatan kebangsaan pada setiap jejaring instansi di Aceh melalui para pejabatnya. Melalui kegiatan tersebut, Lemhanas juga memberikan pemahaman bagi pejabat di Aceh tentang risiko yang akan dihadapi Indonesia sepanjang tahun 2023, baik secara nasional maupun global.

“Diharapkan pemerintah daerah di Aceh bisa menyiapkan mitigasi, sehingga skenario buruk tahun 2023 bisa kita antisipasi secara bersama-sama,” kata Andi.

Andi menambahkan, sejumlah materi akan disampaikan dalam kegiatan pemantapan nilai kebangsaan tersebut, utamanya terkait empat konsensus dasar, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian juga diberikan materi spesifik tentang kewaspadaan nasional, wawasan nusantara, geo politik, dan aspek kepemimpinan.

“Pada tahun 2023 kami menargetkan sekitar enam ribu kader kebangsaan yang akan menjadi alumni kebangsaan Lemhanas dengan juga melibatkan kader Paskibra, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” ujar Andi. [°]

Check Also

Ayu Marzuki: Semua Punya Peran Dalam Mencegah dan Melindungi Anak dari Kekerasan

SIGLI – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ayu Marzuki mengungkapkan upaya pencegahan dan …