Home / INTERNASIONAL / Perangi Ebola, Obama Bujuk Kongres AS Setujui Anggaran Rp 75 T

Perangi Ebola, Obama Bujuk Kongres AS Setujui Anggaran Rp 75 T

Banda Aceh, 12/03/2014 | Humas Aceh

Washington – Presiden AS Barack Obama membujuk Kongres Amerika Serikat untuk menyetujui anggaran sebesar US$ 6,18 miliar atau setara Rp 75,9 triliun untuk membantu perjuangan melawan Ebola. Meskipun kasus Ebola tak lagi banyak menjadi pemberitaan, namun perjuangan melawan virus mematikan ini masih jauh dari akhir.

“Setiap titik api memiliki bara api yang jika tidak ditangani, bisa menjadi kebakaran baru, jadi kita tidak bisa membiarkan kewaspadaan kita menurun bahkan hanya untuk semenit,” ucap Obama seperti dilansir Reuters, Rabu (3/12/2014).

“Dan kita tidak hanya harus melawan epidemi ini. Kita harus mematikannya,” imbuhnya.

Obama melakukan kunjungan ke laboratorium di National Institutes of Health (NIH), tempat tim peneliti menyampaikan hasil menjanjikan dari fase pertama penelitian untuk vaksin Ebola. Fokus utama Obama ialah respons segera terhadap virus mematikan ini.

Obama menekankan, ilmuwan NIH telah memulai penelitian atas vaksin Ebola sejak tahun 1999, jauh sebelum Ebola menjadi wabah di Afrika dan menewaskan lebih dari 6 ribu orang. Sehingga, menurut Obama, AS harus melanjutkan pendanaan penelitian tersebut guna membantu negara-negara yang membutuhkan seperti Guinea, Liberia dan Sierra Leone agar membangun sistem kesehatan yang lebih layak.

“Ini ada investasi cerdas bagi kita. Tidak hanya asuransi. Bisa diketahui jika pada ujungnya, kita akan terus mengadapi masalah seperti ini, khususnya di era globalisasi ketika Anda bisa berpindah dari satu sisi dunia ke sisi lain hanya dalam sehari,” ucap Obama.

Parlemen AS menyadari bahwa AS perlu mengambil tindakan tegas untuk menangani Ebola. Namun kebanyakan dari mereka merasa tidak yakin untuk memberikan terlalu banyak peluang kepada pemerintahan Obama.

Sumber : Detik.com

Check Also

Gubernur Bicarakan Peluang Investasi di Bidang Energi Terbarukan dengan Perusahaan Energi UEA

Abu Dhabi – Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT., membicarakan peluang investasi di bidang energi …