Home / LINTAS ACEH / Sambut Hardikda, Kadisdik Aceh Bicara Didepan Wartawan

Sambut Hardikda, Kadisdik Aceh Bicara Didepan Wartawan

Banda Aceh | 08/10/2014 |

LOGO HUMASs

Banda Aceh [ Humas Aceh]Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh menyatakan siap untuk menggelar aneka lomba untuk memeriahkan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 55, yang diperingati setiap 2 September. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Anas M. Adam, M.Pd, dalam konferensi pers terkait rangkaian kegiatan

Hardikda,kepada sejumlah wartawan media cetak dan elektronik, Kamis, 7/8/2014, di ruang rapat Kepala Dinas Pendidikan setempat

Didampingi Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD), Prof Dr Warul Walidin AK MA, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, mengatakan, upacara Hardikda akan dipusatkan di lapangan Tugu Darussalam.

“Upacara Hardikda masih tetap dilaksanakan di lapangan Tugu Darussalam pada 2 September 2014.Karena, Darussalam sebagai gerbang pendidikan.Karena itu, kita harapkan melalui momentum kali ini dapat membangkitkan semangat pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Menurutnya, Hardikda ke 55 mengusung tema “perspektif baru strategi peningkatan mutu layanan pendidikan yang berdaya saing”.Dimana, di harapkan adanya revitalisasi peran orang tua dan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan.

“Dalam rangka Hardikda, pada setiap khutbah Jum’at dalam bulan September tahun 2014 ini, akan disampaikan materinya terkait dengan tema tersebut,” imbuh Anas.

Selain itu, kata dia, Pemerintah juga menggelar Expo pendidikan terhitung sejak 2 hingga 4 September 2014.Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu ajang untuk prestasi dan kreasi siswa dengan tujuan dapat menjadi salah satu sarana promosi, motivasi dan informasi bagi masyarakat, guna dapat melihat sejauh mana tingkat kemajuan dan kreasi peserta didik yang merupakan gambaran kinerja pendidikan Aceh.

“Expo pendidikan Aceh ini diikuti oleh segenap unsur pendidikan yaitu persekolahan mulai tingkat SD sampai dengan SMA sederajat, pendidikan luar biasa dan luar sekolah, dayah/pesantren, perguruan tinggi dan lembaga/instansi terkait lainnya, baik pemerintahan maupun swasta dan LSM dengan peserta sebanyak 55 stand.Selain itu, pada kesempatan ini juga akan ditampilkan kreasi seni dan budaya dari siswa, santri dan unsur kependidikan lainnya,” katanya.

Tidak kalah menariknya, lanjutnya lagi, dalam Hardikda kali ini pihaknya juga memberikan penghargaan bagi guru SD/MI dan SMP/MTs di daerah sangat terpencil yang diberikan pada acara resepsi Hardikda.

“Penghargaan ini nantinya akan diberikan kepada guru yang mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap pendidikan,” lanjutnya menuturkan.

Masih kata Anas, pemerintah juga menggelar lomba karya tulis dengan tema “Pendidikan Tanggungjawab Bersama”.Kegiatan ini diperlombakan untuk kalangan wartawan dan umum.

“Naskahnya dikirimkan langsung kepada panitia lomba karya tulis Hardikda.Bagi wartawan yang tulisannya telah dimuat media cetak maupun media online pada tanggal 24 Agustus 2014, paling lambat telah diterima.Sedangkan penyerahan hadiah diberikan pada saat resepsi Hardikda,”katanya lagi.

Selanjutnya, pemerintah juga menggelar seminar pendidikan yang direncanakan pada 3 September mendatang.Peserta seminar terdiri dari kalangan orang tua, komite sekolah, khatib, masyarakat dan PTK sejumlah 400 orang, tuturnya.

Kemudian, sambung Anas, pihaknya juga melakukan penilaian terhadap Kabupaten dan Kota Se-Aceh sejak Agustus hingga September.Substansi penilaiannya diantaranya yaitu, pencapaian target PAUD, implementasi peraturan bersama lima menteri tentang penataan dan pemerataan guru PNS, sambung dia.

Pemerintah, sebut dia lagi, juga akan memberikan penghargaan untuk mendorong peningkatan, komitmen, motivasi, inovasi, capaian indikator, keberlanjutan dan tingkat diseminisiasi dari seluruh pemangku kepentingan dalam rangka percepatan pencapaian indikator pendidikan Aceh yang berkualitas, berlanjut dan berdaya saing serta buklet/buku saku.

“Buku saku ini berisi tentang perkembangan kemajuan pendidikan Aceh, dan disusul setelah pelantikan anggota DPRK, akan digelar Rapat Pimpinan (Rapim),” sebutnya lagi.

Ia menambahkan, untuk resepsi Hardikda dalam rangka silaturahmi antara stakeholder pendidikan dan masyarakat, serta pemberian penghargaan terhadap PTK berprestasi, tambahnya.(ril) (http://atjehpress.com/)

Check Also

Ratusan Warga Aceh Perantauan Mendaftar di Website Database Masyarakat Aceh

Jakarta – Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal, S.STP, M.Si,  melaporkan sebanyak 168 …