Home / Berita Terkini / Sekda Minta Petugas Sensus Ekonomi Kedepankan Kejujuran

Sekda Minta Petugas Sensus Ekonomi Kedepankan Kejujuran

Humas Aceh 18 Maret 2016

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, meminta petugas sensus ekonomi 2016 mengedepankan kejujuran dan mencatat data secara akurat sesuai dengan fakta yang ada. Kejujuran, lanjut Dermawan, mutlak diperlukan agar data yang diperoleh tidak diselewengkan; dikurangi atau ditambah. Hal tersebut disampaikan pada Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 di halaman Kantor Gubernur Aceh, Jumat (18/3).

“Data yang diperoleh tidak boleh diselewengkan atau direkayasa,” tegas Dermawan serius.

Menurut Dermawan, kualitas para petugas harus benar-benar terjamin karena mereka akan langsung berhadapan dengan para responden untuk mengumpulkan data. Kualitas petugas Sensus Ekonomi 2016 sangat menentukan kualitas data yang mereka kumpulkan.

Para petugas sensus kata Dermawan, akan dilatih terlebih dahulu oleh Badan Pusat Statistik Aceh sebelum terjun ke lapangan agar setiap petugas memiliki pengetahuan yang diperlukan dalam melakukan sensus.

“Kita harus pastikan para petugas sensus dapat menghayati nilai-nilai inti Badan Pusat Statistik dengan bekerja secara profesional, berintegritas, dan amanah,” kata Dermawan

Dermawan menjelaskan, Sensus Ekonomi 2016 sangat penting dan bermanfaat bukan hanya untuk Pemerintah atau pelaku usaha, tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat. Data sensus tersebut juga akan memotret daya saing bisnis di Indonesia dan menetukan posisi perekonomian Indonesia di antara negara-negara di kawasan regional maupun internasional.

“Saat ini Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), hal ini tentu harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas. Dalam konteks ini, data Sensus Ekonomi 2016 menjadi sangat strategis dan krusial,” kata Dermawan

Pada Apel Siaga itu, Dermawan turut menyematkan pin Sensus Ekonomi 2016 kepada perwakilan pegawai BPS dan Sekretariat Sensus Ekonomi 2016. Penyematan pin tersebut merupakan simbol kesiapan seluruh petugas BPS dalam pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016.

Check Also

Bupati/Walikota Dapat Usulkan Hotel sebagai Tempat Isolasi OTG Covid-19

Banda Aceh – Bupati dan Walikota dapat mengusulkan penggunaan hotel yang ada di daerahnya masing-masing sebagai …