Home / INTERNASIONAL / Tak Boleh Ada Warga Korut Bernama Sama dengan Kim Jong Un

Tak Boleh Ada Warga Korut Bernama Sama dengan Kim Jong Un

Banda Aceh, 12/04/2014 | Humas Aceh

Pyongyang – Pemerintah Korea Utara (Korut) melarang penggunaan nama pemimpin mereka, Kim Jong Un oleh warga biasa. Siapapun yang memiliki nama yang sama dengan Jong Un, harus mengganti nama mereka dengan yang lain.

Seperti dilaporkan media Korsel, KBS dan dilansir Reuters, Rabu (3/12/2014), Korut memberlakukan pelarangan yang sama terhadap nama dua pemimpin terdahulu Korut, yakni ayah Jong Un, Kim Jong Il dan kakeknya, Kim Il Sung.

Larangan ini, menurut KBS, merupakan bagian dari propaganda untuk membangun sosok yang dipuja dan dikultuskan oleh rakyat Korut.

Dengan adanya larangan ini, nama Kim Jong Un tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh setiap bayi yang baru lahir. Sedangkan bagi orang-orang yang memiliki nama yang sama diharuskan untuk mengganti nama mereka.

Yang dimaksud dengan mengganti nama, menurut KBS yang mengutip pejabat Korut, ialah mengganti nama pada akta kelahiran, akta kepemilikan rumah dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Kim Jong Il, yang merupakan ayah Jong Un memberlakukan larangan ini pada tahun 2011 lalu. Jong Il meninggal dunia pada Desember tahun yang sama, kemudian Jong Un menggantikan kepemimpinan ayahnya.

Kementerian Unifikasi Korsel yang menangani hubungan dengan Korut, tidak bisa memastikan laporan KBS ini. Namun menurut mereka, laporan tersebut cukup masuk akal.

“Larangan ini sangat mungkin diberlakukan, mengingat Korut juga memiliki kebijakan yang sama pada era Kim Jong Il dan Kim Il Sung,” ucap salah satu pejabat kementerian tersebut.

Tidak diketahui pasti ada berapa orang di Korut yang memiliki nama sama dengan Kim Jong Un. Namun marga Kim tergolong umum dan nama Jong Un cukup sering diberikan orang tua kepada anaknya.

Sumber : Detik.com

Check Also

Aceh Akan Gelar Marathon Internasional

Humas Aceh | 19 Januari 2018 Banda Aceh – Aceh Akan menggelar kegiatan International Marathon …