Home / Berita Terkini / Ummi Niazah Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Ummi Niazah Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Banda Aceh | 20-08-2015

KETUA Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Hj Niazah A Hamid mengajak masyarakat Aceh untuk mencintai dan menggunakan berbagai produk lokal, seperti makanan (kuliner), pakaian, holtikultura bahkan fashion lainnya.Sebab, dengan mencintai dan menggunakan produk lokal, akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebaliknya, jika masyarakat tidak memilki kesadaran dan kecintaan pada produk lokal maka produk lain akan menjadi pilihannya, dan ini sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,”kata Niazah.

Ajakanini disampaikan Hj Niazah A Hamid, saat membuka Pameran Nuansa Islami dan Pasar Murah, dalam rangka menyemarakkan pelaksanaan MTQ Aceh ke-32 di Alun-Alun Suka Makmue, Nagan Raya, Rabu (19/8) sore.

Hadir dalam kesempatan ituantara lain, Asisten II Sekda Aceh Azhari M.Si, Kadis Syariat Islam Aceh Prof Syahrizal Abbas, Karo Humas Pemerintah Aceh HM Ali Alfata,Hj Syamsiarni, Syafrida, Hj Kelimah. S.Sos, pengurus Dekranasda Aceh dan sejumlah pejabat Pemkab Nagan Raya.

Pameran Nuansa Islami ini menjadi lebih menarik karena yang disuguhkan tidak hanya produk UKM, tetapi juga dipamerkan khazanah islami klasik nusantara, seperti Al-Qur’an kuno dan karya-karya ulama Aceh tempo dulu. Selain itu, ada juga pameran kuliner yang menampilkan berbagai ragam makanan olahan dan tradisional khas Aceh.Menurut Niazah, hal ini membuktikan bahwa Aceh sebenarnya punya banyak kelebihan dalam hal makanan tradisonal. Keanekaragaman khas Aceh ini bisa disaksikan dan dinikmati di arena wisata kuliner tersebut.

“Ini peluang besar dan menjadi andalan kita dalam mengembangkan wisata kuliner,” terang istriGubernur Aceh, yang Ketua TP PKK Aceh ini.

Dekranasda Aceh sangat mendukung pemberdayaan ekonomi melalui produk kerajinan yang berbasis budaya Aceh. Niazah menekankan semua pihak, agar terus mengenalkan produk-produk unggulan lokal melalui berbagai event. Sebab ini akan memberi ruang bagi masyarakat Aceh untuk mengekpresikan dan mengembangkan diri, termasuk kepada pelaku usaha untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat (promosi).

Niazah menambahkan, melalui pameran juga memunculkan interaksi antara pihak produsen dan konsumen, dari interaksi ini diharapkan menjadi komunikasi bisnis maupun pertukaran informasi. Selanjutnya hubungan itu akan berlanjut kepada komitmen ekonomi yang lebih tinggi.“Kalau ini sudah kita lakukan, Insya Allah nantinya akan merambah pasar yang lebih besar lagi dan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Hj Niazah A Hamid.[]

Check Also

[Video] Plt Gubernur : Bank Aceh harus Berkontribusi Cegah Penyebaran Covid-19