Home / Berita Terkini / Ummi Niazah: Giatkan Kampanye Gemar Makan Ikan

Ummi Niazah: Giatkan Kampanye Gemar Makan Ikan

Banda Aceh  – Aceh, termasuk kawasan dengan produksi ikan yang tinggi. Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh tahun 2014, produksi perikanan tangkap Aceh mencapai lebih dari 155 ribu ton, sedangkan produksi perikanan budidaya hampir mencapai 59 ribu ton.

Namun sayangnya, potensi tersebut belum banyak dimanfaatkan, bagi terwujudnya ketahanan pangan dan gizi di Aceh. “Sehingga terkesan, ikan menjadi pilihan kedua, setelah daging,” ungkap Niazah A Hamid, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Aceh.

Hal ini disampaikan saat Niazah membuka “Aceh Seafood Festival” di Taman Sari Banda Aceh, Sabtu (31/10) pagi.

“Karena itu perlu sosialisasi berkesinambungan agar masyarakat kita sadar betapa pentingnya mengonsumsi ikan bagi kualitas sumber daya manusia,” pintanya. Niazah A Hamid yang juga Ketua TP PKK Aceh, berharap jajaran Pemerintahan di Aceh mendukung kampanye makan ikan melalui program yang ada di lembaga masing-masing. “Misalnya Dinas Pemuda dan Olahraga bisa melaksanakannya dengan menambahkan ikan ke dalam menu makanan yang diberikan kepada para atlit kita,”jelas Niazah, memberi contoh.

“Lembaga lain seperti Lembaga Pemasyarakatan juga dapat memasukkan ikan ke dalam menu yang diberikan kepada para narapidana binaan,”imbuh perempuan ramah yang akrab disapa Ummi ini.

Tidak hanya itu, Ummi Niazah juga menghimbau Dinas Pendidikan di seluruh Aceh agar mendorong kantin-kantin sehat yang ada di sekolah-sekolah untuk menyediakan menu-menu berbasis ikan bagi anak-anak sekolah.

Aceh Seafood festival yang diselenggarakan di Taman Sari Banda Aceh, merupakan salah satu cara untuk mengampanyekan pentingnya mengonsumsi ikan bagi masyarakat Aceh. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memeriahkan Hari Ikan Nasional ke-2 yang jatuh pada tanggal 21 November 2015 nanti.

Check Also

Taqwallah: APBA Perubahan Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Aceh

Banda Aceh – Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyetujui dan menetapkan Rancangan …