Home / Berita Terbaru / Wakil Ketua PKK Aceh Kunjungi Gampong Binaan di Aceh Tengah

Wakil Ketua PKK Aceh Kunjungi Gampong Binaan di Aceh Tengah

Humas Aceh | 23 Nov 2018
Takengon – Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati mengunjungi Gampong Asir-Asir, Kecamatan Lut Tawar yang menjadi salah satu gampong yang akan dinilai oleh Tim Penilai dan Pembinaan TP-PKK Provinsi Aceh, Jumat (23/11/2018).

Wakil Ketua Tim Pengggerak PKK Aceh, Dr. Dyah Erti Idawati mengunjungi dan meninjau penilaian desa binaan Provinsi Aceh di Kampung Asir-Asir, Aceh Tengah, Jumat 23 November 2018.

Kedatangan Dyah Erti Idawati disambut dengan tarian guel serta ditepung tawari oleh tokoh adat gampong asir-asir. Upoh  Ulen Ulen kerawang gayo juga disematkan sebagai tanda penghormatan.

“Saya senang sekali bisa hadir disini bersama tim penilai PKK Provinsi dalam rangka penilaian sekaligus pembinaan TP-PKK Gampong Asir-Asir,” ujar Dyah.
Sebagai mitra Pemerintah kata Dyah, TP-PKK bertugas untuk melakukan pendampingan dan pembinaan kepada gampong-gampong yang ada di Aceh, hal itu dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat.
Selain itu lanjut Dyah, TP-PKK juga melakukan penilaian terhadap gampong untuk melihat sejauh mana keberhasilan TP-PKK gampong dalam menjalankan program-program PKK  serta peningkatan mensejahterakan masyarakat.
“Kita berharap agar gampong Asir-Asir terus maju dan berkembang setiap tahun, semua itu bisa kita lakukan kalau kita bersatu dan melakukanya bersama-sama,” kata Dyah.
Sementara itu, Wakil Ketua TP-PKK gmpong Asir-Asir, Irmayanti menyampaikan, pembinaan program PKK di gampong Asir Asir sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun, baik itu di bidang administrasi, program PKK mulai dari POKJA I sampai POKJA V dan kegiatan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) perorangan dan kelompok.
Beberapa jenis usaha perorangan yang sudah dikembangkan lanjut Irmayanti seperti menjahit kerawang gayo, menjahiy gorden, tanaman hias, pemanfaatan barang bekas, pembuatan alat musik tradisional.  Sedangkan usaha kelompok seperti, merajut, tali kur, dan membuat kue.
“Sistem pengelolaan usaha-usaha ini adalah dari dan untuk masyarakat gampong Asir-Asir menuju kesejahteraan,” kata Irmayanti.
Kedepan kata Irmayanti, UP2K akan direncanakan pembinaan pengrajin kerawang gayo dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan anggaran gampong.
Pada kesempatan tersebut, camat Asir-Asir, Agus Kasim sangat mengapresiasi TP-PKK baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten yang telah melakukan pembinaan terhadap gampong asir-asir.
“Kami ingin agar  pembinaan ini tidak berhenti dan dilakukan secara terus menerus oleh TP-PKK provinsi dan Kabupaten,” kata Agus.
Gampong Asir-Asir dan juga Gampong lainya di Kecamatan Lut Tawar kata Agus masih memerlukan berbagai pembinaan dari TP-PKK provinsi
“Kami ingin bersanding dan bisa sama dengan gampong-gampong lain yang sudah maju dan berhasil mensejahterakan masyarakat melalui program-program PKK,” katanya.

Check Also

Gubernur Aceh Ikuti Zikir Bersama Presiden dan Wapres

Banda Aceh – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengikuti Zikir dan Doa Kebangsaan memperingati 76 Tahun …