Home / INTERNASIONAL / 3 Poin Ketegasan Jokowi yang Disampaikan di KTT ASEAN

3 Poin Ketegasan Jokowi yang Disampaikan di KTT ASEAN

Banda Aceh, 11/13/2014 | Humas Aceh

Nay Pyi Taw, – Presiden Joko Widodo menyampaikan pandangannya di sidang pleno KTT ASEAN ke 25. Dalam forum tersebut Jokowi berbahasa Indonesia dan menyampaikan tiga poin soal pilar ASEAN dan Indonesia.

Pandangan Jokowi disampaikan di KTT ASEAN Summit di Myanmar International Convention Center (MICC), Nay Pyi Taw, Rabu (12/11/2014). Jokowi mendapat giliran bicara keempat setelah pemimpin ASEAN lainnya.

Kalimatnya tegas dan lugas. Dia membuka peluang siapa pun untuk berbisnis, namun harus tetap menghormati kedaulatan Tanah Air.

Berikut tiga poin yang diutarakan Jokowi:

1. Mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektivitas di negara-negara ASEAN, antar negara ASEAN, antara ASEAN dengan negara-negara mitra, melalui percepatan implementasi Masterplan on ASEAN Connectivity.

2. Meningkatkan kerjasama investasi, industri dan manufaktur yang lebih erat diantara negara-negara ASEAN. Indonesia dibawah pemerintahan saya terbuka untuk bisnis. Terbuka untuk bisnis. Namun, Indonesia, seperti negara berdaulat manapun, harus memastikan kepentingan nasionalnya tidak dirugikan. Kita harus menjunjung tinggi prinsip resiprokal, saling menghormati, saling menguntungkan, dan persaingan secara adil, dalam bekerjasama.

3. Meningkatkan perdagangan intra-ASEAN yang saat ini masih cukup rendah, yakni 24,2 persen. Dalam lima tahun ke depan, saya berharap nilai perdagangan intra-ASEAN setidaknya bisa mencapai 35-40 persen.

‎Sumber : Detik.com

Check Also

The Light of Aceh Meriahkan Festival Indonesia di Australia

Canberra – Pemerintah Aceh mengikuti ajang promosi “Indonesia Festival 2019” di ibukota Australia, Canbera, pada …