Home / Berita Terkini / Gubernur Ajak Masyarakat Teladani Rasullullah

Gubernur Ajak Masyarakat Teladani Rasullullah

Humas Aceh | 24-12-2015

Banda Aceh –  Gubernur Aceh, dr.H. Zaini Abdullah mengajak masyarakat Aceh menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk menghadirkan kembali keteladanan Nabi Muhammad SAW.

“Sebagai umat Islam, kita semestinya meneladani sikap Beliau yang santun, ramah, dan tawadhu,” kata Zaini Abdullah saat memberikan sambutan pada acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhamamd SAW di Mesjid Raya Baiturrahman, Rabu (23/12/2015)

“Melalui Maulid ini, kita pupuk jiwa dan rohani dengan ajaran Islam yang agung, kita tanamkan akhlak yang mulia, dan kita sebarkan nilai-nilai kebajikan yang diteladankan oleh Rasulullah Muhammad SAW” katanya menambahkan.

Gubernur mengatakan, ada lima hal yang harus diteladani dari sosok Rasulullah SAW. Yang pertama adalah Akhlak, budi pekerti, sikap, tutur kata, dan kesantunan Nabi Muhammad SAW. ” Akhlak dan Budi Pekerti Beliau tiada tandingannya dunia,” ujar Zaini

Selanjutnya yang harus kita teladani adalah Metode Beliau dalam memimpin dan mengelola kemajemukan. “Beliau sangat berhasil di dalam memimpin bangsa yang majemuk, seraya menjaga persaudaraan, menjaga kerukunan dan menjaga toleransi” Jelasnya

Selain itu, kita harus meneladani bagaimana beliau memimpin hijrah atau sebuah perubahan. Perubahan itu, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, harus dilaksanakan secara terus-menerus. Semuanya diajak dengan kesabaran dan kasih sayang, dipastikan ikut serta dalam perubahan ke arah yang lebih baik itu.

Kemudian, kita harus meneladani Rasulullah, karena Beliau selalu mengajak umatnya untuk bekerja keras, menuntut ilmu, terus berikhtiar, tidak menyerah, dan tidak putus asa, karena hanya dengan demikianlah dapat dicapai kejayaan di dunia dan akhirat.

Dan yang terakhir adalah Sikap Beliau yang selalu bekerja sekuat tenaga, gigih dalam berjuang untuk kebenaran. Seringan atau seberat apapun perjuagan itu, Rasulullah selalu tawakal, berserah diri, memohon ridha dan pertolongan Allah SWT.

“Lima hal diatas perlu kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, melalui maulid ini, mari kita perdalam lagi langkah-langkah untuk  memahami dan menjalankan prilaku yang terpuji itu agar kita selamat dunia dan akhirat” Pungkas Zaini

Peringatan Maulid tersebut turut diisi tausiah yang disampaikan oleh Dr. Ajidar Matsyah dan diikuti lebih 1.000 masyarakat di Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

Check Also

Pemerintah Aceh Evaluasi Kinerja Pejabat Fungsional

Banda Aceh — Pemerintah Aceh melakukan evaluasi terhadap kinerja 498 orang pejabat fungsional yang bertugas di …