Home / Berita Terbaru / Gubernur ajak seniman perkuat perdamaian Aceh melalui seni

Gubernur ajak seniman perkuat perdamaian Aceh melalui seni

Banda Aceh,26-8-2015 | Humas Aceh

BANDA ACEH: Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah mengajak para seniman Aceh untuk tidak hanya sekedar memberi tontonan kepada masyarakat, tapi juga menyatukan lintas budaya yang ada di Aceh, sehingga seni dapat kita jadikan sebagai perekat kebersamaan dan penguat perdamaian. 

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Keistimewaan dan Perekonomian Setda Aceh, Azhari Hasan pada peringatan Hari Kesenian Daerah yang berlansung di Taman Budaya, Banda Aceh, Selasa (25/8).

“Saya meminta agar seniman dan SKPA terkait dapat mengoptimalkan sarana yang telah ada untuk mengaktifkan kegiatan seni. Sebagai contoh, kita memiliki Taman Ratu Safiatuddin yang sangat ideal sebagai tempat pementasan karya seni. Sarana ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga ruang untuk berkreasi seni semakin terbuka,” kata Gubernur.

Dalam rangka mengembangkan kesenian daerah, Gubernur meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan para seniman menyusun konsep penguatan dan pengembangan seni budaya Aceh yang komprehensif yang dapat menjadi rujukan kita dalam melestarikan Kesenian Aceh ke depan.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya seni, dalam kesempatan tersebut Pemerintah Aceh turut memberikan penghargaan kepada lima cabang seni dan satu orang seniman berprestasi.

Azhari Hasan bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Reza Pahlevi mewakili Pemerintah Aceh menyerahkan trofi penghargaan kepada Z.Wazir dari Aceh Barat untuk cabang kesenian teater, Alm. TM Daud Gade dari Bireuen untuk cabang seni tari, Alm. Syeh Daud dari Lhokseumawe untuk cabang kategori seni musik, Fachruddin Basyar (Din Saja) dari Banda Aceh untuk kategori sastra, Yusrizal Ibrahim dari Aceh Besar untuk kategori seni rupa. Sementara untuk penghargaan seniman berprestasi diberikan kepada M. Riza dari Aceh Utara.

“Mudah-mudahan penghargaan ini mendorong para seniman kita untuk lebih aktif berkarya sehingga karya seni Aceh bisa tetap berkembang dan lestari,” pesan Gubernur. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Teuku Irwan Djohan berserta perwakilan dari SKPA terkait.

Check Also

Vaksinasi Massal Pemerintah Aceh Telah Menyasar 72.282 Orang

BANDA ACEH – Hingga pelaksanaan pada hari ke-64, Jumat (17/09/2021) hari ini, pelaksanaan vaksinasi massal …