Home / LINTAS ACEH / Mualem Buka Latihan Saman Masal

Mualem Buka Latihan Saman Masal

Banda Aceh, 11/19/2014 | Humas Aceh

[ Humas Aceh ] – Wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf, Selasa malam, 18 November 2014 membuka latihan saman masal di aula pendopo Bupati Gayo Lues. Sebelumnya Wagub juga meninjau lokasi banjir bandang dan proyek pembangunan lapangan terbang di negeri seribu bukit tersebut.

Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim mengungkapkan, pihaknya sedang mempersiapkan pertunjukan tarian saman masal yang dimainkan oleh 5005 orang penari. Tari kolosal akan dimainkan pada 24 November 2014, sebagai hari saman.

“Pada tanggal 24 November 2011 lalu tari saman Gayo Lues telah diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia tak benda. Jadi kita harus berbangga dan mempertahankannya, karena tari saman telah menjadi milik dunia,” kata Ibnu Hasyim disambut tepuk tangan ratusan penari saman.

Sementara Wagub Muzakkir Manaf dalam sambutannya pada malam latihan saman missal itu mengatakan, masyarakat Aceh khususnya Gayo Lues patut berbangga dengan tari saman yang telah diakui sebagai warisan dunia tak benda tersebut. Pemerintah Aceh akan terus berupaya melakukan pembinaan agar tarian saman bisa terus berkembang sepanjang masa.

“Kewajiban kita sekarang untuk memberdayakan warisan leluhur ini. Kita tidak hanya sekedar berbangga tapi harus merawat dan mengembangkannya,” kata pria yang sering disapa Mualem tersebut.

Usai Mualem memberika sambutan, ratusan pria perwakilan dari berbagai dinas, instansi, dan lembaga bediri sejajar membentuk formasi untuk menarikan saman. Setelah member penghormatan kepada Wagub dan rombongan pejabat dari berbagai SKPA dan SKPK tarian kolosal itu pun dimainkan.

Meski malam itu hanya latihan persiapan tari samam kolosal untuk 24 November 2014 nanti, namun suasana latihan begitu bergemuruh. Masyarakat berdesak-desakan di luar aula untuk menyaksikannya.

Ketika saman mulai dimainkan, Kepala Bappeda Aceh Prof Abubakar Karim bersama Bupati Ibnu Hasyim langsung membuka jaketnya dan spontan turun dari tempat duduknya bergabung dengan ratusan penari. Keduanya terlihat begitu cekatan memainkan samam. Sementara Wagub Muzakkir Manaf bersama para pejabat lainnya menyaksikannya dengan seksama.

Sebelumnya pada siang hari Mualem juga melakukan peninjauan ke lokasi bencana banjir bandang di Desa Pintu Gayo, Kecamatan Putri Betung. Di desa perbatasan Gayo Lues dengan Aceh Tenggara tersebut Wagub Muzakkir Manaf bersama Bupati Ibnu Hasyim menyerahkan bantuan untuk 126 warga di desa terkena bencana tersebut. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Mualem dan diterima oleh tiga perwakilan warga.

Dari lokasi bencana, Wagub kemudian meninjau proyek pembangunan lapangan terbang di Blangkejeren. Meski sempat diguyur hujan, Wagub tetap melakukan pemantauan pembangunan proyek bandara tersebut. Dari sana Mualem kemudian menuju Kecamatan Blangpegayon melihat budi daya ikan air tawar. Besok Rabu, 19 November 2014 Mualem melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Aceh Tengah.

Check Also

Pemerintah Aceh Terima Kunjungan Komisi X DPR RI

BANDA ACEH – Gubernur Aceh yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh, M Jafar, …