Home / Berita Terbaru / Sekda Sambut kunjungan Penglima TNI ke Aceh

Sekda Sambut kunjungan Penglima TNI ke Aceh

Banda Aceh|21-05-2015

BANDA ACEH- Panglima TNI, Jenderal Moeldoko melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi dengan jajaran pemerintah Aceh, TNI, Polri dan  tokoh masyarakat Aceh di Anjung Mon Mata, Pendopo Gubernur Aceh, Selasa (21/4).

Jenderal Moeldoko mendarat di Bandara Lanud Sultan Iskandar Muda, Blangbintang pada jam 9 pagi sebelum,  menuju ke Pulau Rondo, Sabang menggunakan helicopter TNI guna meresmikan patung Tgk. Umar di pulau terdepan Indonesia tersebut.

Sekembalinya dari Pulau Rondo, Jenderal Moeldoko disambut oleh Sekda Aceh Drs. Dermawan MM, Pangdam Iskandar Muda Mayjen (TNI) Agus Kriswanto,Kapolda Aceh Irjen(Pol) Husein Hamidi serta sejumlah SKPA lainnya.

Drs. Dermawan dalam kata sambutan mewakili gubernur Aceh melaporkan situasi Aceh saat ini terkait dengan kondisi keamanan.

Sekda Aceh menghimbau agar masyarakat tetap tenang, dan mempercayakan segala sesuatunya kepada pihak aparat keamanan sehubungan dengan telah terjadinya kontak senjata antara aparat keamanan dan kelompok bersenjata tadi malam di Kabupaten Pidie.

“Kontak senjata antara aparat keamanan dengan kelompok bersenjata tadi malam tersebut murni tindakan criminal, yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” tegas Sekda Aceh.

“Hukum yang ada di NKRI ini harus kita jadikan panglima. Siapapun yang melanggarnya harus menerima konsekuensi sebagaimana aturan hukum yang berlaku” ujarnya.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan kondisi pengungsi asal Myanmar dan Bangladesh yang saat ini tersebar di Kabupaten Aceh Utara, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur berjumlah 1704 orang.

“Pemerintah Aceh memandang penyelamatan pengungsi itu semata-mata hanyalah karena alasan kemanusiaan” ungkap Dermawan.

Untuk penanganan lebih lanjut jelasnya, Pemerintah Aceh telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk memohon bantuan logistik, tempat penampungan dan percepatan proses pemulangan imigran tersebut ke negara mereka masing-masing.

Sekda Aceh menambahkan  bahwa situasi Aceh saat ini sangat kondusif dengan meningkatnya ketertarikan investor untuk berinvestasi di Aceh.

“Berdasarkan data BKPM RI, Aceh yang menduduki peringkat ke-9 bagi aktivitas Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Indonesia pada tahun lalu kini berada pada tingkat yang ke 7. Insya Allah rangking itu akan naik karena kami akan terus memberi kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Aceh,” katanya.

Sementara itu, Jenderal Moeldoko mengatakan bahwa kedatanganya ke Aceh adalah untuk meresmikan Tugu Tgk, Umar yang berada di Pulau Rondo sekaligus bersilaturrhami guna membangun sebuah komunikasi yang lebih baik dengan pemerintah Aceh dan TNI.

Moeldoko berharap kehadirian TNI bukan hanya menjadikan Aceh lebih stabil, aman dan kondusif, tetapi juga membantu masyarakat dengan peran lansung TNI di tengah masyarakat. “TNI adalah milik masyarakat, karena kami lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat” tegas Moeldoko.

Check Also

Plt Gubernur Serahkan Penghargaan Kepada Keluarga Almarhum dr Imay Indra

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyerahkan penghargaan kepada keluarga Almarhum dr …